Pemko Tanjungpinang Beri Pelatihan Kepada Kube

by -220 views
Lis usai menyerahkan bingkisan kepada anggota Kube
Lis usai menyerahkan bingkisan kepada anggota Kube

Tanjungpinang, (MK) – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang terus berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat. Salah satu memberi pelatihan kepada 90 orang dari Kelompok Usaha Bersama (Kube) di 18 Kelurahan se – Kota Tanjungpinang.

Pelatihan pembinaan industri rumahan bagi KUB Perempuan Kota Tanjungpinang ini dilaksanakan di Aula Bulang Linggi, Badan Perpustakaan Arsip dan Museum Kota Tanjungpinang dan dibuka oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH, pada Kamis (12/11) pagi.

Dalam sambutannya, Lis menyampaikan, program – program pemerintah yang diberikan kepada masyarakat, tidak lain untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Khususnya dalam upaya menumbuhkan industri kreatif dan menciptakan kaum ibu sebagai entrepreneur untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” ucap Lis.

Dia mengutarakan, program pemerintah ini dibuat untuk ibu rumah tangga, supaya teori – teori dari pelatihan yang diberikan ini bisa di praktekkan dengan menghasilkan prodak – prodak unggulan di Kota Tanjungpinang.

“Melalui pelatihan ini, ibu – ibu diharapkan bisa mengembangkan kembali usaha – usahanya, seperti pembuatan jilbab, jamurcrispy, bisa juga mengolah makanan contohnya sambal, ibu – ibu bisa berkoordinasi dengan pemerintah, bisa saja itu kita jadikan oleh – oleh untuk tamu yang datang di Kota Tanjungpinang, intinya kita bisa menciptakan produk yang kreatif di Kota Tanjungpinang, agar industri rumahan dapat lebih produktif dan inovatif,” papar Lis.

Tugas BP3AKB, kata Lis, melakukan pengawasan terhadap program – program yang dilaksanakan, sehingga bantuan yang diberikan pemerintah benar – benar dimanfaatkan oleh masyarakat.

”Kalau usahanya maju bisa ditambah lagi dananya, jadi bisa lebih berkembang,“ katanya.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3KAB) Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani S.Sos, MM, M.Kes mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan produktifitas industri rumahan melalui pemberdayaan perempuan, sehingga mampu menekan kemiskinan di Kota Tanjungpinang.

“Kegiatan ini juga diikuti 90 orang dari pelaku kelompok usaha yang berada di setiap kelurahan di Kota Tanjungpinang, dan akan berlangsung selama tiga hari (11 – 14 November 2015),” ucapnya.

Dia menyampaikan, peserta akan diberikan pelatihan pembuatan jilbab dan jamur crispy, untuk prakteknya nanti akan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tanjungpinang.

Dikesempatan itu, peserta juga diberikan bantuan berupa packaging makanan, bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Asisten Administrasi Umum, Gunawan Grounimo, SE, MM, Kepala Dinas Kesos dan Tenaga Kerja, Drs. Surjadi MT, Ketua GOW Juariah Syahrul, Ketua DWP Ersa Famella Riono, jajaran Kepala SKPD, serta narasumber. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.