Pemko Terima LHP Semester II, BPKP Harap Peningkatan Kualitas Manajemen

by -72 views
Pemko Tanjungpinang terima LHP Semester II tahun 2018
Pemko Tanjungpinang terima LHP Semester II tahun 2018
Iklan Banner
Tanjungpinang, (MetroKepri) – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang terima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Semester II dari Badan Pemeriksaan Keuangan Provinsi (BPKP) Kepri di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Kepri, Batam pada Rabu (26/12/2018).

Hal tersebut sebagai tanda telah berakhirnya pemeriksaan atas belanja pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kota Tanjungpinang Tahun Anggaran 2018.

LHP semester II ini diberikan karena kepatuhan atas Pengadaan barang dan jasa di Pemko Tanjungpinang Tahun Anggaran 2018 yang diserahkan kepada Wali Kota Tanjungpinang dan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang oleh Plt BPK RI Perwakilan Provinsi Kepri Ayub Amali SE.MM.Ak.CA.

Atas terima LHP, Ayub Amali mengharapkan adanya peningkatan kualitas pengelolaan atau manajemen dalam menjalankan roda pemerintahan di setiap daerah.

“Karena, peningkatan kualitas pengelolaan tau menajemen dalam roda pemerintahan tersebut sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas pembangunan daerah,” katanya.

Atas pernyataan tersebut, Walikota Tanjungpinang Syahrul S.Pd menyampaikan, pengggunaan teknologi informasi dalam pengadaan barang dan jasa, merupakan menjadi sebuah keharusan.

Tambah Dia, karena hal ini dinilai lebih transparan dan akuntabel. Pemanfaatan teknologi informasi di bidang pengadaan barang dan jasa, tentunya dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat, karena dinilai lebih transparan dan lebih efisien.

“InsyaAllah tahun 2019 keseluruhan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kota Tanjungpinang akan menggunakan tekhnologi informasi,” ujarnya.

Lanjut Syahrul, hal ini juga dapat dibuktikan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang sudah mulai diterapkan di Pemko Tanjungpinang, dengan tujuan memperoleh efisiensi anggaran setiap tahunnya. Sesuai instruksi dari pemerintah pusat bahwa dalam aturan tender, terdapat perubahan jadwal pemilihan penyedia, semua tanggal kalender menjadi hari kerja, sehingga waktu pemilihan penyedia semakin bertambah.

“Saya harap semua OPD dapat segera menyesuaikan diri terhadap perubahan-perubahan tersebut, sehingga apa yang kita kerjakan dapat berjalan dengan tertib sesuai aturan, dan yang terpenting adalah dapat menambah penilaian atas WTP tahun 2019 nanti,” imbuhnya.

Diketahui, dalam acara penyerahan LHP dihadiri juga oleh Gubernur Kepulauan Riau Dr.Nurdin Basirun S.Sos.M.Si serta Kepala Daerah se-Provinsi Kepulauan Riau, Pimpinan DPRD dan Kepala OPD. (*)

Penulis: Novendra/Humas/Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.