Plt Asisten Pemerintahan Natuna Hadiri Rakor Pendaftaran Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati

by -124 views
Ketua KPU Natuna didampingi Asisten I dan Kabag Ops Polres Natuna
Ketua KPU Natuna didampingi Asisten I dan Kabag Ops Polres Natuna
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal yang diwakili oleh Plt Asisten I Pemerintahan Setda Natuna Budi Darma menghadiri rapat koordinasi (Rakor) terkait persiapan pendaftaran pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Bupati dan Wakil Bupati Natuna tahun 2020 di Hotel Tren Central, Kamis 03 September 2020.

Acara yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Natuna ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Natuna Junaedi Abdillah. Ia mengatakan, masa pendaftaran partai politik atas pasangan calon (paslon) yang akan diusung nanti berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Hal ini terjadi karena situasi dari pandemi Covid-19.

Dandim 0318 Natuna bersama Ketua Bawaslu Natuna dan Asisten I Setda Natuna
Dandim 0318 Natuna bersama Ketua Bawaslu Natuna dan Asisten I Setda Natuna

“Saat mendaftar dan mengusung calon masing-masing, perlu kita diskusikan situasi di KPU dan konvoi, jadi perlu kita kaji apa yang kita laksanakan maupun persiapan pada hari pendaftaran serta pengamanannya dari pihak Polri,” kata Junaedi.

Ia melanjutkan, tujuan rapat koordinasi ini untuk mengambil mekanisme yang disepakati dan memudahkan skedul dari partai masing-masing pengusung paslon untuk satgasnya, apalagi dengan segala keterbatasan dimasa covid 19 dengan harus mematuhi aturan protokol kesehatan.

Sementara itu, Plt Asisten Pemerintahan Setda Natuna Budi Darma mengatakan telah dikeluarkan aturan mengenai disiplin protokol kesehatan dan simulasi sudah dibuat. Tetapi, saat simulasi sangat tidak memungkinkan di Kantor KPU jika ada konvoi untuk mengusung paslon.

“Kita sebagai produk subjek undang-undang protokol kesehatan, harus mematuhi aturan yang berlaku, walaupun Natuna masih zona hijau, ini yang harus kita jaga selama musim pandemi Covid-19,” katanya.

Suasana rapat koordinasi
Suasana rapat koordinasi

Dari Polres Natuna, diwakilkan oleh Kabag Ops Kompol Hendrianto mengatakan Polri fokus kepada pengamanan dari ganguan Kamtibmas dengan menempatkan personil kepolisian di KPU dan Bawaslu.

“Untuk pengamanan rute dan jalanan parkir, Polres Natuna telah menyiapkan 50 personil. Konvoi di jalanan juga tidak akan lepas dari perhatian kami, namun urusan didalam internal KPU tidak bagian dari kami. Pokoknya nanti kami himbau, tata tertib ketika sampai di KPU harus mengikuti aturan KPU, wajib pakai masker dan mengikuti protokol kesehatan serta masa pendaftaran jangan sampai ada gejolak di tengah-tengah masyarakat,” kata Kompol Hendrianto.

Sementara itu Dandim 0318/ Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan mengatakan, agar berjalan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Kodim sangat mendukung kegiatan ini dengan menempatkan personilnya pada saat pendaftaran paslon nanti.

“Untuk KPU dan Bawaslu agar lebih tegas mana yang bisa masuk ke Kantor KPU dan mana yang tidak, pastikan siapa saja yang bisa masuk. Nanti, kami dari Kodim dan Polres Natuna akan memantaunya,” imbuhnya. (Manalu)

#Dari Natuna Untuk Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.