PPKM Diperpanjang Hingga 2 Agustus, Pemko Tanjungpinang Masih Tunggu Aturan Rinci

by -291 views
Surjadi
Surjadi

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Pemerintah resmi memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat level 4 hingga 2 Agustus 2021.

Hal itu juga dibenarkan oleh Koordinator Lapangan Prokes Internal Pemerintah Kota Tanjungpinang, Surjadi. Saat ini, pihaknya masih menunggu aturan rinci dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Kita tunggu aturan rinci dari Mendagri ya,” ucap Surjadi singkat kepada MetroKepri.com, Ahad (25/07/2021).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Level 4 di Jawa-Bali. Kebijakan ini berlaku mulai 26 Juli-2 Agustus 2021. Presiden menyebutkan, setidaknya ada lima penyesuaian atau perubahan dari aturan sebelumnya.

“Akan ada beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang akan dilakukan secara bertahap,” ujar Jokowi dalam vidio konferensi pers, Ahad, 25 Juli 2021.

Penyesuaian tersebut di antaranya, sebagai berikut;

  1. Pasar tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka seperti biasa dengan protocol kesehatan yang ketat.
  2. Pasar tradisional, selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50 persen, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yang pengaturannya ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.
  3. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lain yang sejenis, diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemerintah Daerah.
  4. Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 20.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit.
  5. Untuk mengurangi beban masyarakat akibat Covid – 19, pemerintah meningkatkan pemberian bansos dan bantuan untuk usaha mikro kecil. Penjelasan terperinci akan dilakukan Menko atau menteri terkait. (Red)

Editor : ALPIAN TANJUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.