Puncak HAN dan HKN 2019, Syahrul: Anak Merupakan Penerus Bangsa

by -50 views
Pelepasan sepasang burung Merpati Putih di Puncak HAN dan HKN 2019
Pelepasan sepasang burung Merpati Putih di Puncak HAN dan HKN 2019
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Kota Tanjungpinang saat ini berbangga, bahwa Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencetak sejarah baru sebagai provinsi pelopor layak anak, dimana tujuh kabupaten/kota se- Provinsi Kepri menerima penghargaan kota layak anak bersama tiga provinsi lainnya di Makasar beberapa waktu lalu.

Dari tujuh kabupaten/kota, Tanjungpinang merupakan salah satu kota di provinsi Kepri yang menerima penghargaan kota layak anak tingkat Madya. Mudah-mudahan di tahun depan Bupati dan Walikota se-Provinsi Kepri dapat sama-sama bersinergi untuk meningkatkan prestasi layak anak tingkat Nindya.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd saat merayakan puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 yang disejalankan dengan Hari Keluarga Nasional (HKN) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019, di Lapangan Pamedan A.Yani Tanjungpinang, Selasa (6/8/2019).

Menurut Ayah sapaan Walikota Tanjungpinang ini, anak merupakan generasi muda penerus cita-cita bangsa. Suara mereka perlu kita dengarkan, meskipun mereka masih remaja, namun mereka punya hak untuk berpartisipasi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Partisipasi anak telah diakomodir oleh undang-undang. Mereka punya hak yang sama untuk hidup dan berkembang secara optimal, merasakan lingkungan yang nyaman, aman dan Bahagia,” katanya.

Oleh karena itu, Ayah menghimbau kepada orangtua agar terus memberi motivasi dalam hidup anak, peduli terhadap perkembangan anak, serta tetap melakukan pengawasan terhadap anak. Anak bukan menjadi tanggungjawab guru di sekolah saja, namun lingkungan juga bertanggungjawab terhadap tumbuh kembang anak.

“Paling utama, peran keluarga sebagai penopang anak berkualitas, keluarga merupakan tempat anak memperoleh pendidikan. Orang tua harus peduli terhadap perkembangan anak tiap hari, tiap jam, bahkan setiap detik, karena mereka masa depan bangsa yang harus menjadi prioritas,” ungkapnya.

Di waktu yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Drs H Tengku Said Arif Fadillah S.Sos,.M.Si menambahkan, pemerintah berkewajiban mempersiapkan kualitas anak bangsa, karena mereka merupakan generasi penerus masa depan negara ini.

“Anak-anak sebagai aset kita, sumber daya manusia kita, dari anak-anak lah akan menghasilkan kulitas negara ini, khususnya provinsi Kepri. Oleh karena itu, kita harus menjaga anak-anak kita, supaya berkualitas mulai dari gizi, pendidikan dan lainnya,” ujarnya.

Sekda mengucapkan terima kasih kepada BKKBN dan pemerintah Kota Tanjungpinang yang telah menjadi tuan rumah pelaksanaan hari anak dan keluarga nasional tahun 2019.

Dirinya berharap semoga anak-anak provinsi Kepri selalu sehat, berpotensi serta menjadi anak-anak kebanggaan Provinsi Kepri bahkan NKRI.

“Teruslah belajar, jaga kesehatan, iman dan taqwa,” pintanya kepada anak-anak yang hadir.

Diketahui, Acara juga dirangkai dengan penandatangganan prasasti oleh Walikota Tanjungpinang, penyerahan penghargaan dari provinsi Kepri dan bantuan BKKBN serta pelepasan sepasang Burung Merpati Putih ke alam bebas.

Turut hadir pada acara tersebut, Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi, SE,MM, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, Deputi Bidang KB-KR BKKBN RI, Kepala BKKBN Kepri, unsur FKPD Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang, serta sejumlah kepala OPD kabupaten/kota se- Provinsi Kepri. (*)

Penulis: Novendra/Tri/Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.