Raih Target Nasional, Disdukcapil Tanjungpinang Akan Tempatkan Tiga Mesin CSM

by -436 views
Kadisdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto
Kadisdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang meraih target nasional dalam pengurusan administrasi kependudukan masyarakat tahun 2020 se-Indonesia dengan peringkat Ke-16 dari 514 kabupaten/kota.

Hal ini diungkap oleh Kadisduk dan Capil Kota Tanjungpinang Irianto kepada awak media ini, Senin (08/02/2021) siang.

Akan hal itu, kata Irianto, Disduk dan Capil akan menempatkan tiga mesin anjungan Catatan Sipil Mandiri (CSM) di tiga wilayah di Kota Tanjungpinang.

“Ketiga tempat tersebut yaitu Kantor Kelurahan Batu IX, Pasar Raya 21 dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” ujarnya.

Irianto menjelaskan, ketiga mesin tersebut akan dipasang dan difungsikan pada Matet 2021 mendatang dengan tujuan meningkatkan pelayanan kependudukan warga Kota Tanjungpinang.

“Nantinya, masyarakat bisa mencetak KTP, Akte Kelahiran, KIA dan KK secara mandiri di Anjungan CSM tersebut,” terangnya.

Nanti lanjut Irianto, di CSM tersebut Disduk Capil akan menempatkan 2 orang staff yang akan memandu masyarakat dalam mencetak berkas administrasi yang diperlukan.

“Jadi, kita tidak main lepas begitu saja. Tetap ada yang membimbing (masyarakat) untuk mencetak berkasnya,” kata mantan Kasatpol PP Tanjungpinang itu.

Labih lanjut diterangkan Irianto, tiga mesin itu merupakan bantuan dari Kementerian Dalam Negeri atas capaian Disdukcapil Kota Tanjungpinang.

“Kita peringkat ke 16 dari 514 kab/kota se Indonesia. Pencapaian pendataan administrasi kita, sudah 60 persen. Target nasional kita 60 persen. Dan itu sudah capai target. Makanya kita dapat hadiah mesin ini,” kata Irianto.

Sebelumnya kata Irianto, Kota Tanjungpinang mendapat nilai plus dari Kemendagri karena membuka pelayanan di hari libur sebelum pelaksanaan pemilu dimulai.

“Selain itu, kita juga melakukan jemput bola untuk ke masyarakat atau Lansia. Dan, kita juga buka pelayanan online. Maka ini nilai plus kita di mata Kemendagri,” ucapnya. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.