Rawan Kecurangan, Panwascam Awasi TPS Se – Kota Tanjungpinang

by -250 views
Panwascam saat gelar pelatihan. Foto LIYANA
Panwascam saat gelar pelatihan. Foto LIYANA

Tanjungpinang, (MK) – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mewaspadai tempat pemungutan suara (TPS) se – Kota Tanjungpinang yang disinyalir rawan kecurangan pada saat pemilihan umum kepala daerah (Pemilu Kada) yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 mendatang.

Dari data yang diperoleh pada pemilihan legislative (Pileg) tahun lalu, terdapat beberapa TPS yang terindikasi terjadi kecurangan dengan bermacam – macam criteria, diantaranya netralitas, politik uang, intimidasi, pemerintah, logistik dan pemilih.

Perwakilan Panwascam, Purwanto menyebutkan, kecurangan itu diindikasi terdapat pada empat kecamatan dan enam kelurahan yang ada di Kota Tanjungpinang.

Purwanto mengutarakan, dari keenam kelurahan tersebut diantaranya Kelurahan Kampung Baru dari 17 TPS terdapat kecurangan berupa politik uang, Kelurahan Senggarang dari 7 TPS yang ada terdapat kecurangan berupa intimidasi, Kelurahan Penyengat dan Dompak terdapat kecurangan dengan keterangan pemerintah, dan Kelurahan Pinang Kencana serta Kelurahan Batu 9 terdapat kecurangan berupa politik uang.

“Berdasarkan sumber data itu, kami akan melakukan pengawasan ketat pada semua TPS terutama TPS yang sebelumnya teridentifikasi kecurangan,” ucap Purwanto, Sabtu (5/12) malam.

Pada tahun ini, kata dia, pengawasan akan ditingkatkan untuk mengurangi tingkat kecurangan terutama di TPS yang sebelumnya didapati adanya kecurangan.

“Kami akan bekerja secara maksimal guna kelancaran pemilu pada 9 Desember mendatang,” katanya. (LIYANA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.