Reses, Tawareh Sarankan Masyarakat Desa Kualaraya Bentuk Koperasi

by -63 views
Tawareh Foto Bersama Usai Reses. Foto NAZILI
Tawareh Foto Bersama Usai Reses. Foto NAZILI
Iklan Banner

Lingga, (MetroKepri) – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Tawareh melaksanakan reses di halaman Kantor Desa Kualaraya, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga.

Selain menyerap dan merangkum aspirasi masyarakat, pada reses kali ini, Tawareh menyarankan masyarakat Desa Kualaraya untuk membentuk koperasi sesuai dengan pekerjaan, baik nelayan maupun petani.

Menurutnya, koperasi tersebut hadir untuk mewujudkan tujuan mensejahterakan anggota sesuai dengan Undang – Undang perkoperasian serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan maupun petani di Desa Kualaraya.

“Kemiskinan dapat dientaskan melalui beberapa tahapan. Pertama, penguatan kesadaran, kapasitas individu dan kelembagaan masyarakat nelayan melalui koperasi, memberikan motifasi kepada masyarakat nelayan agar bangkit dari keterpurukan, dengan dibekali pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan potensi diri, mengorganisir diri sebagai bagian dari kelompok,” papar Tawareh, Kamis (13/12/2018).

Selain itu, kata dia, koperasi bisa menjadi model kelembagaan dimasyarakat. Koperasi merupakan organisasi ekonomi rakyat yang dilandasi nilai – nilai luhur bangsa Indonesia, yaitu kekeluargaan, gotong royong dan demokratis.

“Pesan saya, kepada masyarakat yang ingin membentuk koperasi agar dalam penunjukan pengurus koperasi, pilihlah pengurus yang amanah. Karena dalam pelaksanaannya banyak celah untuk berbuat curang dan dapat merugikan anggota kelompok koperasi itu sendiri,” ujarnya.

Reses penghujung akhir tahun 2018 ini juga dibanjiri warga Desa Kualaraya. Antusias warga nampak dari banyaknya pertanyaan yang diberikan warga khususnya masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan yang menjadi mayoritas di desa tersebut.

Hadir dalam reses kali ini Kepala Desa Kualaraya Dekky, Wakil Ketua BPD Desa Kualaraya, Marwan, perangkat desa, Ketua Karang Taruna Desa Kuala Raya, Syamsurizal, tokoh masyarakat serta masyarakat Desa Kualaraya. (***)

Penulis : NAZILI

Editor   : ALPIAN TANJUNG

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.