Sebagai Anak Petani, Rahma Siap Bantu dan Akomodir Kebutuhan Petani

by -28 views
Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma Saat Menyerahkan Bibit Tanaman Kepada Lurah Air Raja, Asaat Siregar
Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma Saat Menyerahkan Bibit Tanaman Kepada Lurah Air Raja, Asaat Siregar

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Petani merupakan seseorang yang bergerak di bidang pertanian, utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman.

Dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman untuk digunakan sendiri maupun dijual kepada orang lain.

Akan hal itu, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada para petani se-Kota Tanjungpinang di Kebun Buah Bukit Manuk, Senggarang, Rabu (30/12/2020).

Penyerahan sarana dan prasarana tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP.

Dalam sambutannya, Rahma menyampaikan dirinya siap untuk membantu dan mengakomodir kebutuhan para petani. Rahma merasakan dirinya sebagai anak petani harus dipenuhi kebutuhannya, karena telah berjasa juga untuk memenuhi kebutuhan orang banyak.

“Saya siap untuk membantu para petani dan akan berusaha untuk mengakomodir kebutuhan petani. Saya merasakan bagaimana menjadi petani, karena saya anak petani yang serba pas-pasan. Untuk itu, kita berusaha memenuhinya,” papar Rahma.

Selain itu, Rahma juga berharap kepada 22 kelompok tani yang ada di Kota Tanjungpinang agar dapat bergabung untuk meramaikan Gerai Pangan di Jalan Hang Lekir.

Menurut Rahma, dengan adanya Gerai Pangan tersebut memberikan kesempatan kepada para petani agar dapat menjual hasil taninya secara langsung tanpa perantara.

“Ayo ajak para petani lainnya agar segera bergabung ke Pasar Tani. Pemko Tanjungpinang telah siapkan tempatnya tanpa dipungut bayaran dan disitulah wadah para petani untuk menjual hasil taninya secara langsung tanpa perantara dan tidak ada tengkulak,” ujar Rahma.

Diakhir sambutannya, Rahma juga memberikan kesempatan kepada kelompok tani yang belum memiliki koperasi agar segera diurus dan ia siap memfasilitasi untuk badan hukumnya.

“Silakan kepada para petani yang belum memiliki koperasi agar segera didata dan akan saya bantu untuk mengurus badan hukum di notaris,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang, Drs. H. Ahadi dalam laporannya mengatakan bantuan sarana dan prasarana yang diberikqn berupa pupuk kimia berjumlah 14,3 ton, mesin rotari berjumlah 6 unit, mesin air berjumlah 6 unit, mesin dompeng berjumlah 6 unit, mesin sachin berjumlah 6 unit dan 1 unit motor kaisar.

“Adapun penerima bantuan adalah kelompok tani yang ada di Kota Tanjungpinang yang disurvei berdasarkan hasil CPCL dan kelompok tani yang aktif dalam bercocok tanam,” katanya.

Sedangkan, kata Ahadi, penerima bantuan motor Kaisar diberikan kepada Chamidi dari Kelompok Tani (Poktan) Bina Sehat Sejahtera, mesin rotari diberikan kepada Zakaria dari Poktan Serumpun Mandiri, mesin air diberikan kepada Zulkarnain dari Poktan Sejahtera Mandiri. Kemudian mesin dompeng diberikan kepada M. Aziz dari Poktan Sumber Rezeki, mesin sachin diberikan kepada Sutrisno dari Poktan Maju Jaya, pupuk subsidi diberikan kepada Katimun dari Poktan Harapan Jaya dan bibit tanaman buah diberikan kepada Kelurahan Air Raja. (Red/Rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.