Sejumlah Masjid di Bali Gelar Shalat Gerhana

by -92 views
Gerhana bulan (Foto Republika)
Iklan Banner

Denpasar (MK) – Gerhana bulan total yang terjadi Sabtu (4/4), diramaikan umat Islam dengan melaksanakan shalat gerhana. Di Bali, ratusan orang melakukan kegiatan shalat gerhana di sejumlah masjid yang ada di pulau dewata.

Di masjid Al Ikhlas Denpasar, shalat gerhana dilangsungkan setelah menunaikan salat magrib. Shalat dipimpin oleh Junaidi dan Badruddin bertindak sebagai khotib.

“Ini peristiwa yang sudah diatur berdasar ketentuan Allah. Bahwa matahari, bumi, dan bulan tidak akan bertabrakan,” kata Badruddin seperti dilansir Republika.

Salat gerhana juga dilakukan oleh masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Di kota Bandar Lampung, shalat gerhana juga dilakukan setelah Maghrib di Masjid Al Anshor, Kemiling. Setelah shalat gerhana, jamaah laki-laki dan perempuan mendengarkan khutbah imam dengan khusyuk.

Komaruzaman, imam shalat gerhana di Masjid Jami’ Al Anshor, dalam khutbahnya mengatakan,  setelah Nabi Muhammad SAW berhijrah, baru terjadi sekali dalam 10 tahun gerhana. “Setelah hijrah Nabi SAW, hanya terjadi satu kali gerhana,” katanya.

Sekarang ini, katanya, kejadian gerhana matahari atau bulan sudah sering terjadi. Untuk itu, ia mengatakan gerhana menjadi sebab tanda dekatnya hari kiamat.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.