Sekda Lingga Pimpin Upacara Peringatan HKN Ke – 58

by -542 views
Penyerahan Penghargaan Usai Upacara Memperingati HKN ke 58. Foto Ist
Penyerahan Penghargaan Usai Upacara Memperingati HKN ke 58. Foto Ist

Lingga, (MetroKepri) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lingga Syamsudi S.Pd memimpin upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 di halaman Gedung Nasional Dabo Singkep, Sabtu (12/11/2022).

Peringatan HKN ke 58 ini mengangkat tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”.

Dikesempatan itu, Sekda Kabupaten Lingga Syamsudi S.Pd membacakan amanatnya Menteri Kesehatan RI yang mana pada peringatan HKN Ke-58.

Masih kata Sekda, tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” ini dipilih disesuaikan dengan menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara bersama, saling bahu-membahu dan bergotong-royong dalam menghadapi situasi kesehatan dimasa Pandemi Covid-19.

“Sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan sehat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dan bangsa Indonesia telah membuktikan dirinya sebagai bangsa yang tangguh,” papar Sekda menyampaikan amanat Menkes.

Kemudian, semua itu tidak terlepas dari dukungan dan semangat masyarakat dusun, kampung yang saling melindungi dan saling berbagi, termasuk juga tokoh ulama, tokoh agama, dan para tokoh adat yang aktif mendampingi masyarakat.

“Termasuk organisasi sosial keagamaan yang bergerak cepat membantu masyarakat, meski dihadapkan pada prioritas penanganan Covid-19,” ujarnya.

Sekda mengatakatan pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional.

“Seperti penurunan angka kematian ibu (AKl) dan angka kematian bayi (AKB). Menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri,” ucap Syamsudi.

Pandemi juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air.

Kemenkes, kata Sekda Lingga, saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan dimasa yang akan datang.

Adapun fokus 6 pilar transformasi kesehatan; 

  1. Transformasi layanan primer,
  2. Transfomasi layanan rujukan, 
  3. Transformasi sistem ketahanan kesehatan,
  4. Transformasi sistem pembiayaan kesehatan, 
  5. Transformasi SDM kesehatan, 
  6. Transformasi teknologi kesehatan.

Dalam kesempatan ini, Menkes juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada insan kesehatan yang telah bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia.

“Perjuangan kita masih panjang, saya berharap semua insan kesehatan agar tetap tersu mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat melalui konsumsi makanan bergizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik setiap hari dan mencuci tangan dengan sabun,” katanya.

Kemudian, terus mendorong masyarakat untuk memeriksa kesehatan secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tubuh kembang belia, imunisasi, pemeriksa penyakit-penyakit sesuai siklus hidup.

Dan terus mengembangkan diri serta organisasi dalam kompetensi memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Lingga dr. Bukit menyampaikan laporan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada HKN ke-58. Yakni sudah dimulai sejak 3 November 2022, diantaranya kegiatan bakti sosial, jalan kreasi yang melibatkan Posyandu dan anak pelajar yang selama ini menjadi mitra pada program kesehatan.

“Moment acara puncak HKN ke-58, kita Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Lingga melaksanakan apel bersama sekaligus menerima penghargaan peringkat nasional, oleh salah satu nakes teladan kita sebagai tenaga kesehatan teladan daerah terpencil kepulauan,” papar Kadinkes dr. Bukit.

Penghargaan yang diterima tersebut agar menjadi motivasi penyemangat kepada tenaga nakes yang lainnya. Untuk langkah kedepannya, akan melakukan sesuai dengan arahan Menkes tentang pembangunan kesehatan dengan penguatan primer tingkat Puskesmas, Polindes.

“Kita juga akan fokus pada pelayanan rumah sakit dengan penguatan SDM dan juga kegiatan yang sifatnya bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, pada kegiatan puncak HKN ke 58 tersebut tampak hadir Sekda Kabupaten Lingga berserta istri, Kadis Kesehatan Kabupaten Lingga, Camat, Kapolres Lingga, Lanal Dabo Singkep, Kejari Lingga, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan para peserta upacara lainnya. (Effendi/ Samsiar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.