Sekda Natuna Serahkan Kapal Pelra ke Kecamatan Subi

by -37 views
Wan Siswandi Didampingi Iskandar Dj saat menyerahkan bantuan kapal Pelra ke Kecamatan Subi
Wan Siswandi Didampingi Iskandar Dj saat menyerahkan bantuan kapal Pelra ke Kecamatan Subi
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Bupati Natuna melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna Wan Siswandi menyerahkan satu unit Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) bantuan hibah dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia tahun anggaran 2018 kepada Camat Subi di Pelabuhan Penagi, Sabtu 30 November 2019.

Kapal pelayaran ini merupakan kapal yang ke 4 setelah sebelumnya Midai, Pulau Laut dan Kelarik sudah terlebih dahulu menerima Kapal Pelra tersebut.

Saat penyerahan hibah kapal pelayaran rakyat, Sekda Natuna didampingi Kepala Dinas Perhubungan Iskandar DJ dan menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Camat Subi Awang Natuna Saputra.

Saat diwawancarai Wartawan, Wan Siswandi mengatakan tujuan penyerahan kapal ini untuk membantu transportasi masyarakat yang ada di pulau-pulau. Selanjutnya untuk mengantisipasi kapal Pelni maupun Kapal Perintis apabila sewaktu-waktu tidak beroperasi.

“Natuna terdiri dari pulau-pulau, tentu kapal bantuan ini merupakan transportasi penting dan bisa jadi alternatif ketika dibutuhkan secara mendadak dan untuk pengoperasian kapal kita serahkan pada pihak Kecamatan Subi,” katanya.

Ia berharap, kapal ini dipergunakan sebaik-baiknya dan apabila diperlukan saat-saat penting, seperti orang sakit dan hal-hal lainnya yang berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat, bisa diakomodir melalui kapal ini.

“Pemerintah daerah melalui Dishub Natuna akan terus mengupayakan bantuan ke pusat, mudah-mudahan tahun depan akan ada lagi. Terimakasih saya ucapkan kepada pusat melalui Kementerian Perhubungan atas perhatiannya. Terimakasih juga buat usulan Dinas Perhubungan Natuna sehingga bantuan ini terealisasi,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Perhungan Kabupaten Natuna, Iskandar DJ. Ia mengatakan, dengan adanya bantuan kapal Pelra untuk masyarakat Subi, tentu banyak kemudahan yang bisa dirasakan terutama untuk mengantar barang dan juga bisa digunakan untuk keadaan darurat, misalnya mengantar orang yang akan berobat ke Rumah Sakit di Natuna.

“Saya berharap kepada penerima bantuan kapal, agar dapat memanfaatkan kapal Pelra ini sebaik-baiknya untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat dan yang lebih penting agar kapal ini dirawat sehingga manfaatnya bisa lebih optimal,” ucapnya.

Masih kata Iskandar, pihaknya terus melakukan upaya untuk meminta tambahan kapal Pelra kepada pemerintah pusat, sehingga setiap daerah atau kecamatan memiliki kapal Pelra.

“Kita dalam usulan itu ada 7 kapal, saat ini baru terealisasi 4 buah kapal, sisanya 3 kapal lagi akan terus kita upayakan ditahun berikutnya,” imbuhnya. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.