Sekolah Digusur, 10 Murid SD Belajar di Lobi Gedung DPRD Batam

by -145 views
Suasana Belajar Murid SD di Lobi Gedung DPRD Kota Batam. Foto JIHAN
Suasana Belajar Murid SD di Lobi Gedung DPRD Kota Batam. Foto JIHAN
Iklan Banner

Batam, (MetroKepri) – Sebanyak 10 pelajar SD yang mengenakan seragam merah putih melakukan aktivitas belajar di lobi Gedung DPRD Kota Batam. Keberadaan 10 murid itu juga menjadi perhatian anggota dewan.

“Aktivitas belajar ini dikarenakan tempat sekolah tidak ada lagi, karena terkena penggusuran. Sekarang anak didik kami ini tinggal 25 siswa yang tersisa dari 50,” papar Guru SD Melati Indah, Leonora saat diwawancarai MetroKepri di lobby Gedung DPRD Kota Batam, Senin (17/9/2018).

Dia mengutarakan, sekolah mereka berdiri pada tahun 2003 lalu dan sudah menetaskan 6 angkatan. Sekolah mereka juga sudah diakui oleh Dinas Pendidikan Kota Batam.

“Setelah sekolah yang tempat kita mengajarnya anak – anak ini digusur, jadi begitu digusur maka anak – anak ini mau belajar dimana. Ya beginilah, seakan – akan menjadi terlantar. Kita berharap, siswa yang terlantar mendapatkan tempat untuk belajar yang layak,” ujarnya.

Terpisah Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman mengatakan pihak sekolah seharusnya berkordinasi dengan dinas terkait agar siswa dapat belajar.

“Kalau status lahan sekolah ke Komisi I. Kalau memang lahan itu milik perusahaan, itu tidak bisa lagi. Kalau soal pendidikan, pemerintah harus memberikan solusi yang terbaik. Kalau sekolahnya mau digusur, harus memberikan advokasi agar anak – anak dapat sekolah yang terdekat seperti halnya ke sekolah negeri,” ucapnya.

Masih kata dia, tidak mungkin pemerintah membiarkan anak tidak sekolah. Untuk 40 siswa, sebetulnya dapat didistribusikan ke setiap sekolah di lingkungan terdekat.

Karena, menurutnya, anak jangan sampai putus sekolah. Pendidikan merupakan pelayan dasar kebutuhan masyarakat. (JIHAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.