Semprot Sudah, Bagi Beras Sudah, MR: Giliran Bagi Masker Kain ke Warga

by -298 views
Melayu Raya bagi masker ke pengendara roda empat dan dua serta pedagang di Bintan Centre
Melayu Raya bagi masker ke pengendara roda empat dan dua serta pedagang di Bintan Centre
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Semprot Disinfektan sudah, bagi beras sudah, Perhimpunan Melayu Raya (MR) kembali turun ke jalan membagikan masker kain ke warga Kota Tanjungpinang, Selasa (07/04/2020) di depan Balai Melayu Raya Tanjungpinang Komplek Bintan Centre Km 9, Tanjungpinang.

Ketua MR Korwil Tanjungpinang Arie sunandar saat ditemui awak media ini mengatakan, saat membagikan masker pihaknya juga memberikan imbauan pentingnya menggunakan masker.

Pembagian masker yang dipimpin langsung oleh Dewan Pendiri MR Lis Darmansyah, para anggota MR membagikan masker kepada pengendara roda empat dan dua serta ke pedanggang kaki lima protokol.

Lanjut Arie, mereka (MR) mendatangi para pengendara motor dan mobil yang terlihat belum menggunakan masker.

“Maskernya langsung diberikan dan digunakan oleh mereka. Mulai sekarang, setiap keluar rumah harus menggunakan masker untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 di Tanjungpinang,” ujar mantan Aktivis Kota Tanjungpinang ini.

Bendahara MR Tanjungpinang saat menyemprot di salah satu kios warga di Tanjungpinang
Bendahara MR Tanjungpinang saat menyemprot di salah satu kios warga di Tanjungpinang

Arie menjelaskan, kegiatan pembagian serta sosialisasi pentingnya menggunakan masker disebabkan melihat masih banyak warga yang belum sadar menggunakan masker.

“Terutama mereka yang terpaksa masih bekerja di luar rumah, agar terus menggunakan masker. Saat ini masker wajib digunakan setiap warga, tidak hanya yang sakit, namun yang sehat juga perlu pakai,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Arie juga mengajak warga menggunakan masker kain. Pasalnya, pemerintah tidak mengharuskan masyarakat memakai masker bedah atau N-95.

Masyarakat bisa menggunakan masker kain karena dapat digunakan berulangkali setelah bersih dicuci. Sementara masker bedah atau N-95 diutamakan untuk petugas medis atau mereka yang sedang sakit.

“Kami tadi membagi masker kain. Saat ini sudah banyak masker kain buatan UMKM atau buatan rumah tangga. Warga bisa membeli langsung. Sudah banyak kok di pasaran,” sebut Arie.

Lanjut Arie lagi, selain membagi masker MR siap mendistribusikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan hal ini di sampaikan langsung oleh Lis Darmansyah selaku Dewan Pendiri MR.

Lis meyebutkan, “Masyarakat kita juga harus di penuhi kebutuhan pokoknya jangan sampai ada yang kekurangan,” katanya.

Melayu Raya dan Polisi bagi beras ke warga yang terdampak Covid-19 di Tanjungpinang
Melayu Raya dan Polisi bagi beras ke warga yang terdampak Covid-19 di Tanjungpinang

Sementara itu, tanggapan positif datang dari warga yang kebetulan belum menggunakan masker.

Contohnya, Hasan yang bekerja sebagai pedagang sayur, namun karena ia tidak tahu di mana harus membeli masker selain di apotek maka dari itu ia tidak mengenakan masker.

“Saya sulit dapat masker, cari di apotek banyak yang habis, padahal pemerintah mengimbau agar terus menggunakan masker. Alhamdulillah, ini dikasih gratis, cukup senang dan membantu warga,” ujarnya polos.

“Saya juga baru tahu kalau masker kain juga bisa untuk mencegah penularan,” tambahnya.

Untuk diketahui, Melayu Raya menerima donasi dari masyarakat yang akan menyumbangkan Alat Pelindung Diri (APD), masker, maupun sembako untuk siap disalurkan.

“Sudah ada yang mengirimkan bantuannya kemari. Semua bantuan yang masuk akan terdata dengan baik dan kami siap laporkan distribusinya dengan baik. Posko Satgas Covid-19 ada di Komplek Bintan Center di Balai Melayu Raya,” tutup Korwil MR Tanjungpinang. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.