Serap Aspirasi Masyarakat Kepri, Dharma Setiawan Perjuangkan UU Kepulauan

by -110 views
Anggota DPD RI, H. Dharma Setiawan Foto Bersama Usai Silaturahmi
Anggota DPD RI, H. Dharma Setiawan Foto Bersama Usai Silaturahmi
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Anggota DPD RI Dapil Provinsi Kepulauan Riau H. Dharma Setiawan melakukan silaturahmi dengan masyarakat di dearah pemilihannya.

Kegiatan ini dilakukannya sejak 13 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Hal ini juga merupakan awal tugasnya sebagai Anggota DPD RI dalam rangka silaturahmi sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.

Disela sela kunjungannya, Dharma mengucapkan terimakasih kepada masyarakat di tujuh kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Kepri yang telah memberikan kepercayan/ amanah kepadanya. Sehingga dirinya terpilih mewakili masyarakat Kepri sebagai Anggota DPD RI.

Selain itu dalam pertemuan dengan masyarakat, Dharma berdialog dengan penuh kehangatan dan keakraban bersama masyarakat. Tambah lagi, warga juga sudah lama merindukan kehadiran Dharma.

Dharma yang juga Bendahara Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kepri ini, selain menerima informasi aspirasi serta masukan dari berbagai lapisan masyarakat baik dari kalangan nelayan, pedagang, petani dan pelaku usaha kecil serta tokoh masyarakat dan para pemuda/pemudi tentang kondisi terkini di Kepulauan Riau.

Selain itu, Dharma juga menyampaikan beberapa hal yang sudah diperjuangkan Anggota DPD RI.

“Ini oleh oleh khusus untuk masyarakat Kepri yaitu Rancangan Undang Undang Kepulauan,” ucap Dharma kemarin.

Masih kata Dharma, hal ini juga merupakan murni Hak Inisiatif dari DPD RI dan sudah disepakati bersama antara DPD RI, Pemerintah dan DPR RI.

“Insha Allah akan dibahas bersama untuk disetujui menjadi Undang Undang,” ujarnya.

Menurutnya, kenapa harus memperjuangkan UU Kepulauan, hal itu tidak lain adalah untuk mendapatkan nilai manfaat lebih/ added value bagi masyarakat kepulauan. Terutama dari sisi penambahan anggaran dari pemerintah pusat (APBN).

“Insha Allah, jika sudah ditetapkan nanti menjadi UU Kepulauan, maka Provinsi Kepri akan mendapatkan tambahan anggaran dari APBN Triliunan Rupiah,” katanya.

Dikesempatan itu juga, H Dharma Setiawan yang biasa disapa Bang H. Dharma ini memohon doa kepada semua masyarakat Kepri agar bisa berjalan sesuai dengan harapan dan terwujud sesegera mungkin.

“Dengan bertambahnya anggaran ini nanti, diharapkan akan memberikan dampak yang luas buat kemaslahatan masyarakat terutama untuk pembangunan, pendidikan, serta kesehatan dan juga dapat membuka lapangan kerja baru,” paparnya.

Dengan demikian, kata dia, tentunya akan menjadikan ekonomi masyarakat Kepri semakin meningkat.

Selain itu, Dharma juga menyampaikan kabar gembira terhadap apa yang sudah lama menjadi harapan dan mimpi masyarakat Kepri yaitu ingin terwujudnya pembangunan Jembatan Batam Bintan atau yang dikenal dengan nama BABIN.

Tak lupa, Dharma mengharapkan doa masyarakat Kepri yang Insha Allah Pemerintah Pusat akan segera memulai tahapan pembangunannya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Diakhir pertemuan, H Dharma juga mengharapkan kerjasama di semua lini dan terutama masyarakat Kepri.

Selain disampaikan dihadapan masyarakat, hal ini juga disampaikan Dharma kepada Plt Gubernur Kepri H. Isdianto di Gedung Graha Kepri ketika mengundang Anggota DPD RI beberapa waktu lalu, untuk membahas masalah masalah krusial yang ada di Kepri menyangkut kewenangan pemerintah pusat.

Tentu saja, kabar ini sangat disambut gembira dan antusias Plt Gubernur Kepri dan masyarakat.

Sementara itu, Plt Gubernur Kepri mengharapkan kedepannya terjalin kerjasama serta komunikasi dan sinkronisasi yang baik antara Pemerintah Prov Kepri dan DPD RI Dapil Kepri.

Sehingga akan mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat Kepri serta skala prioritas program Pemerintah Kepri agar bisa mendapatkan perhatian dan anggaran lebih dari pemerintah pusat. Sehingga, mampu mewujudkan kesejahteraan buat masyarakat Kepri yang lebih baik. (*)

Penulis : Alpian Tanjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.