Sistem Deteksi Dini, Meminimalisasi Korban Kecelakaan Laut

by -58 views
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas I Tanjungpinang, Budi Cahyadi S.Sos saat menyampaikan kata sambutan
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas I Tanjungpinang, Budi Cahyadi S.Sos saat menyampaikan kata sambutan
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Kelas I Tanjungpinang melaksanakan kegiatan sosialisasi Sistem Deteksi Dini di aula kantor jalan R.H Fisabilillah Km 8, Tanjungpinang.

Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan  Kelas I Tanjungpinang, Budi Cahyadi S.Sos  mengatakan bahwa sosialisasi sistim deteksi dini ini merupakan agenda dari Direktorat Sistem Komunikasi Basarnas sesuai amanat UU nomor 29 Tahun 2014.

“Dimana Basarnas wajib memberi layanan pertolongan kepada aktivitas lalu-lintas laut. Terlebih wilayah NKRI dan wilayah kerja Basarnas di Kepri adalah berupa lautan sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan,” ujarnya.

Budi menjelaskan, tujuan sosialisasi ini memberikan informasi kepada para operator tentang sistem deteksi dini dan menjalin kerjasama yang baik dalam mengantisipasi adanya kecelakaan dalam meminimalisasi korban.

“Basarnas terus berupaya meningkatkan pelayanan dan penyelamatan aktivitas laut, salah satunya dengan menerapkan sistim deteksi dini ini,” terangnya.

Untuk itu, Budi berharap, para peserta yang hadir ini dapat mengoptimalkan sosialsai ini dengan baik dan mampu mengimplementasikannya dengan baik di lapangan.

“Saya juga berharap kepada peserta sosialisasi yang hadir dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai agar dapat benar-bemar memahami apa yang disosialisasikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala KSOP Tanjungpinang Aprianus yang turut hadir dalam sosialiasi tersebut juga berharap hal yang sama kepada peserta dan Dia ingin semua peserta dapat memahami dan mengaplikasikannya diatas kapal.

“Kami sangat mengapresiasi sosialisasi ini. Dengan adanya sistim deteksi dini melalui sosialisasi ini sehingga dapat mengurangi jumlah korban kecelakaan dilaut. Kiranya apa yang disosialisasikan Basarnas ini dapat terinstal dengan baik dan harus waspada terhadap perubahan cuaca,” ujarnya. (*)

Penulis: Novendra

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.