SMP 5 Tanjungpinang Gelar Deklarasi Sekolah Ramah Anak dan Purnawiyata

by -102 views
Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma Usai Menandatangani Deklarasi Sekolah Ramah Anak
Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma Usai Menandatangani Deklarasi Sekolah Ramah Anak
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – SMP Negeri 5 Tanjungpinang menggelar Purnawiyata Siswa kelas IX yang disejalankan dengan Deklarasi Sekolah Ramah Anak di CK Hotel Tanjungpinang, Senin (29/4/2019).

Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma S.IP mengatakan sekolah ramah anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggungjawab.

“Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak. Sekolah ramah anak adalah sekolah/ madrasah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan atau pendidikan layanan khusus,” papar Rahma.

Rahma juga menambahkan bahwa dengan kondisi lingkungan seperti itu diharapkan sekolah dapat menciptakan suasana lingkungan sekolah yang sangat kondusif untuk menumbuh kembangkan potensi anak karena anak dapat mengekspresikan dirinya secara leluasa sesuai dengan dunianya.

“Para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah diharapkan menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi peserta didik berprilaku terpelajar, perilaku terpelajar ditampilkan dalam bentuk pencapaian prestasi akademik,” ujarnya.

Diakhir sambutannya Rahma mengucapkan selamat kepada SMP Negeri 5 Tanjungpinang yang telah mendeklarasikan sebagai sekolah ramah anak.

“Akhirnya kami mengucapkan selamat kepada SMP Negeri 5 Tanjungpinang yang sudah mendeklarasikan diri sebagai sekolah ramah anak, semoga kerja keras para guru dan tata usaha sebagai ujung tombak terlaksananya sekolah ramah anak ini dicatat oleh Allah SWT sehingga mendapat balasan yang setimpal,” ucapnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang, DR. H. Ahmad Yani, MM, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Rustam, SKM, M.Si, Ketua Ikatan Alumni SMP Negeri 5 Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Komite Sekolah dan tamu undangan lainnya. (Ian/ Humas Pemko Tanjungpinang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.