Sudah Dilaksanakan Tahap Pertama, Bulan Timbang Akan Dilaksanakan Lagi Pada Agustus

by -92 views
Pj Sekda Natuna, Hendra Kusuma
Pj Sekda Natuna, Hendra Kusuma

Natuna, (MetroKepri) – Dengan mengikuti protokol kesehatan, pelaksanaan Bulan Timbang dilakukan di Bulan Februari dan Agustus. Bulan timbang merupakan bulan penimbangan untuk anak bayi dan balita.

“Tahap pertama, Natuna sudah melaksanakan bulan timbang, Februari kemarin. Disitu anak – anak mendapat Vitamin A, ditimbang berat badan, terus kalau tidak salah juga akan mendapat imunisasi,” kata Pj Sekda Natuna, Hendra Kusuma saat dijumpai di ruangan kantornya, Jumat 19 Maret 2021.

Adapun manfaat dari Bulan Timbang ini, Hendra menjelaskan, untuk mengetahui serta memantau kesehatan dari bayi dan balita. Selain itu, orang tua memenuhi hak anak untuk hidup sehat.

Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Natuna, Daeng Zuliyanti
Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Natuna, Daeng Zuliyanti

Ditempat terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Natuna Hikmat Aliansyah melalui Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Natuna, Daeng Zulyanti membenarkan hal tersebut. Penimbangan merupakan langkah awal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Kegiatan ini juga berhubungan dengan pencegahan stunting. Jadi dapat diketahui indikasi stunting pada anak sedari dini, dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan. Hasil penimbangan dan pengukuran tersebut dapat mencerminkan status gizi balita. Selain penimbangan dan pengukuran, anak-anak juga mendapatkan Vitamin A dan imunisasi,” ujarnya.

Daeng Zulyanti memaparkan, bulan timbang tidak hanya dilakukan di Posyandu saja, bisa dilakukan di PAUD/TL, Rumah Bersalin dan atau fasilitas kesehatan lainnya.

“Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, seluruh Posyandu yakni sebanyak 120 Posyandu yang tersebar di seluruh kecamatan melaksanakan Bulan Timbang,” katanya.

Balita sedang diukur tinggi badan di kegiatan Bulan Timbang
Balita sedang diukur tinggi badan di kegiatan Bulan Timbang

Selain pemberian Vitamin A, penimbangan, pengukuran dan imunisasi, kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan penyuluhan seperti penyuluhan tentang Gizi (PMBA, Stunting) dan pelatihan kader.

“Selain kami, beberapa pihak turut berperan serta dalam mensukseskan bulan timbang ini seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB Natuna, Dinas Pendidikan Natuna, PKK Desa /Kelurahan,” ujarnya.

Sementara untuk tingkat partisipasi masyarakat untuk menimbang bayi di posyandu /fasilitas kesehatan lainnya, Daeng Zulyanti mengatakan masih rendah. Meski demikian, lambat laun dan secara bertahap terjadi perubahan dengan semakin sadarnya masyarakat tentang pentingnya memenuhi hak anak untuk hidup sehat.

“Kami berharap dengan Bulan Timbang ini, ibu – ibu membawa anaknya ke posyandu lebih meningkat lagi. Kepada ibu – ibu khususnya di Natuna, jangan lupa di Bulan Agustus untuk membawa bayi dan balitanya ke posyandu untuk memantau dan mengetahui kesehatan mereka,” imbuhnya. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.