UPT Meterologi Disperindag Kepri Kroscek Takaran di SPBU

by -273 views
Ilustrasi SPBU di Tanjungpinang
Ilustrasi SPBU di Tanjungpinang

Tanjungpinang, (MK) – UPT Meterologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dipserindag) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengkroscek takaran di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang memiliki sertifikat Pasti Pas di Kota Tanjungpinang.

“Uji tera setiap SPBU ini dilakukan bukan terkait turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sejak Januari 2016 kemarin. Jadi, ini kegiatan rutin untuk mengukur tera SPBU setiap satu tahun pasca berakhirnya sertifikat Pasti Pas tersebut,” ujar Pengawas Tera UPT Meterologi Disperindag Provinsi Kepri, Said Edi, Kamis (21/1).

Dia mengutarakan, SPBU yang telah memiliki sertifikat hasil kelayakan pengujian atau yang biasa disebut sertifikat Pasti Pas ini juga nantinya berlaku selama 1 tahun. Setiap SPBU punya sertifikat kelayakan hasil pengujian.

“Masa berlakunya 1 tahun. Jadi kalau ada pengujian ulang itu setelah masa berlakunya habis,” paparnya.

Edi mengatakan, seperti pengujian ulang mesin SPBU di Jalan MT Haryono Km 3 yang dilakukan pihaknya pada hari ini (Kamis).

“Kehadiran kami (Petugas tera UPT Meterologi) atas permohonan langsung dari pemilik SPBU. Permohonan itu dilakukan karena sertifikat hasil kelayakan pengujiannya telah habis masa berlaku,” katanya.

Uji tera itu, kata dia, tidak ada tanggal tetapnya. Kalau ada pemohon dari pemilik SPBU yang massa sertifikatnya sudah selesai.

“Selain itu, bisa juga karena adanya kesalahan dalam mesin SPBU. Maka pemilik SPBU dapat membuat permohonan kepada petugas tera UPT Meterologi,” ucapnya.

Dia juga meminta masyarakat untuk tidak khawatir. Sebab, semua SPBU dipastikan telah menurunkan harga penjualannya sesuai dengan instruksi dari Menteri ESDM.

“Pada penurunan BBM kali ini, setiap Manajer Operasional masing – masing SPBU telah menugaskan supervisor untuk mengatur ulang takaran harga disetiap mesin BBM SPBU Pertamina,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, penurunan harga BBM ini berdasarkan SK Menteri ESDM. Penurunan harga di mesin SPBU ada manajer operasional yang menyuruh supervisor operasionalnya. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.