Wali Kota Batam Ajak Petugas Posko PPKM Tekan Penyebaran Covid – 19

by -21 views
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi Saat Menyerahkan Insentif Secara Simbolis
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi Saat Menyerahkan Insentif Secara Simbolis

Batam, (MetroKepri) – Wali Kota Batam Muhammad Rudi meminta petugas posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Batam membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19.

“Tak ada cara lain, kita ajak masayarakat di lingkungan masing-masing untuk menerapkan protokol kesehatan,” kata Rudi saat menyerahkan insentif petugas posko PPKM di Sekolah Yos Sudarso, Jumat (6/8/2021).

Di hari yang sama, Rudi juga menyerahkan insentif bagi petugas posko PPKM di Graha Citra Mas, Kabil dan Botania 2.

Adapun protokol kesehatan tersebut yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Dengan semua petugas posko PPKM bergerak maksimal, maka penyebaran Covid-19 bisa ditekan. Untuk diketahui, hingga 5 Agustus 2021, masih ada 2.051 pasien Covid-19 dirawat.

“Kerja bapak dan ibu (pengurus posko PPKM) sudah maksimal. Kedepan, harus ditingkatkan lagi supaya Batam bisa lepas dari zona merah,” ucapnya.

Bahkan, Rudi menargetkan, akhir bulan sudah mulai normal lagi. Ia mengungkapkan, beberapa kriteria Batam masuk PPKM Level 4 yakni akibat tingkat hunian pasien di rumah sakit tinggi, angka penularan tinggi dan angka kesembuhan rendah.

“Untuk itu, ayo kita ajak semua menerapkan protokol kesehatan supaya penyebaran Covid-19 bisa turun dan pasien sembuh makin banyak,” ujarnya.

Jika hal itu bisa dilakukan, maka Batam bisa keluar dari PPKM Level 4. Di kesempatan sama, Rudi meminta petugas PPKM mengajak masyarakat memahami dan mematuhi aturan PPKM level 4.

“Virus ini menular dari manusia ke manusia. Untuk itu, perlu ada pembatasan kegiatan masyarakat ini,” katanya.

Untuk memberi semangat petugas menjalankan tugas di posko PPKM tingkat RT dan RW, Rudi menyerahkan insentif Rp650 ribu bagi ketua posko dan Rp500 ribu bagi anggota. Selain itu, bantuan juga diberikan untuk pasien Covid-19 yang diserahkan secara simbolis.

“Jangan lihat nilainya, tapi lihatlah kebersamaan kita dalam menangani Covid-19 ini. Mudah-mudahan Januari 2022, Covid-19 ini sudah berakhir,” katanya.

Di lokasi sama, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam penanganan Covid-19. Bahkan, Batam dinilai sangat peduli dan memperhatikan warganya yang terdampak virus tersebut.

“Mudah-mudahan, ini menjadi contoh bagi daerah lain di Kepri. Di saat warga terpuruk, pemerintah ada di hadapan kita,” kata Marlin. (Rosjihan Halid/ MC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.