Wali Kota Tanjungpinang Resmikan Posyandu Tunas Salam

by -320 views
Lis saat meresmikan Posyandu Tunas Salam
Lis saat meresmikan Posyandu Tunas Salam

Tanjungpinang, (MK) – Warga yang bermukim di wilayah Gang Salam bisa tersenyum bahagia, pasalnya penantian berdirinya tempat pelayanan kesehatan kini telah terwujud. Gedung baru Posyandu Tunas Salam yang berada di Jalan R.H. Fisabilillah Gang Salam itu juga diresmikan langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH, Selasa (8/12).

Peresmian tempat pelayanan kesehatan bagi warga itu, ditandai dengan pembukaan selubung papan Posyandu dan pemotongan pita oleh Wali Kota Tanjungpinang yang didampingi Ketua TP – PKK Tanjungpinang Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Kadis Kesehatan, Rustam, Camat, serta Lurah Sungai Jang.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH mengatakan, dengan berdirinya Posyandu di wilayah ini, diharapkan bisa bermanfaat bagi warga sekitar.

”Manfaatkanlah bangunan Posyandu ini, dengan melakukan aktifitas kesehatan. Tak hanya itu, warga juga bisa memanfaatkannya sebagai sarana berkumpul untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat,” ucap Lis dalam sambutannya.

Menurut Lis, masyarakat di wilayah Gang Salam ini sangat kompak, kebersamaannya begitu tinggi. Dengan solidaritas yang tinggi di daerah ini, ketua RT dan RW – nya bisa mengajak warganya untuk menjaga lingkungan.

“Canangkanlah program lingkungan seperti menjadi kampung penghijauan. Disetiap rumah warga terdapat tanaman, sehingga nantinya wilayah ini dapat menjadi percontohan di Kota Tanjungpinang,” paparnya.

Untuk lebih memotivasi kinerja para kader Posyandu agar lebih aktif melayani kesehatan masyarakat, sambung Lis, InsyAllah dirinya akan mengupayakan untuk meningkatkan insentif para kader Posyandu.

”Saya akan berusaha semampu saya untuk meningkatkan insentif kader Posyandu, yang semula setahunnya sebesar Rp2 juta, kita akan tingkatkan menjadi Rp3 juta per tahun. Ini harus saya lihat dulu dari kemampuan anggaran daerah kita, mudah – mudahan bisa terwujud,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam SKM, M.Si menyampaikan, pembangunan Posyandu yang ditunggu – tunggu warga selama ini merupakan komitmen dari visi – misi pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui akses kesehatan.

“Saya harap dengan adanya posyandu ini, warga Gang Salam selalu sehat dan lebih produktif serta dapat mengembangkan ekonominya,” ucapnya.

Masih kata Rustam, warga disini bisa lebih aktif melaksanakan rutinitas kegiatan kesehatan, misalnya satu minggu sekali mengadakan senam pagi dan Posyandu ini tidak saja digunakan untuk pelayanan kesehatan balita, tetapi remaja dan kaum manula juga bisa memeriksa kesehatan di sini.

“Kami juga akan menugaskan petugas kesehatan, bidan, dan kita akan mengupayakan ada dokter disini, minimal 1 minggu sekali,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, guna mewujudkan kota sehat dan bersih, warga bisa memanfaatkan lahan kosong Posyandu untuk menanam pohon dan dimanfaatkan oleh kelompok usahanya.

”Bapak/ ibu bisa memanfaatkan lahan kosong untuk menanam pohon, bisa juga dengan cara menanam hidroponik. Untuk pengembangan usaha warga, bapak/ ibu bisa memanfaatkan untuk menjual oleh – oleh Tanjungpinang, dengan demikian kita bisa mewujudkan Kota Tanjungpinang menjadi kota sehat dan kota pariwisata, silahkan gunakan dan manfaatkan Posyandu ini dengan sebaik – baiknya,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan memberikan bantuan kesehatan berupa satu unit kursi roda, vitamin untuk balita dan kartu BPJS. Bantuan itu diserahkan oleh Wali Kota dan Ketua TP – PKK Kota Tanjungpinang.

Pada acara itu turut hadir Camat Bukit Bestari, Riwayat S. Sos, Lurah Sungai Jang, Bobby Satya Kifana S.STP, Ketua RT dan RW, para Kader Posyandu serta warga di wilayah Gang. Salam. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.