70 Kota Ikuti Lokakarya Nasional Apeksi

by -160 views
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat mengajukan pertanyaan kepada pipinan rapat
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat mengajukan pertanyaan kepada pipinan rapat

Tanjungpinang, (MK) – Guna mewujudkan sinkronisasi pembangunan Tanjungpinang yang sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Nasional. Sebanyak 70 kota mengikuti lokakarya nasional tentang “Sinkronisasi Rencana Tata Ruang Wilayah/ Daerah (RTRWD) dan Sistem Perkotaan Nasional (SPN) Antar Daerah” yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Lokakarya ini diselenggarakan di Hotel Cipta Pancoran Jalan Pasar Minggu Jakarta, pada Kamis (3/9). Acara dibuka oleh Direktur Eksekutif, Sarimun Hadisaputra, dengan narasumber dari Direktorat Perencanaan Tata Ruang Kementrian Agraria dan Tata Ruang dengan materi Sinkronisasi Rencana Tata Ruang Wilayah/ Daerah (RTRWD) dengan wilayah/ Daerah berbatasan.

Pada lokakarya itu, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan Bappenas menyampaikan materi Kebijakan dan Strategi Pembangunan Perkotaan Nasional, serta Direktorat Dekonsentrasi dan Kerjasama Kemendagri dengan materi Kebijakan dan Implementasi Kerjasama Antar Daerah di Bidang Perencanaan Wilayah.

Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH menyampaikan, tujuan dari lokakarya ini adalah untuk memperoleh informasi tentang kebijakan dan regulasi di bidang RTRWD dan SPN, serta informasi pengalaman tentang RTRWD dan SPN dari Kementrian dan daerah.

“Sehingga berdasarkan informasi itu, diharapkan dapat terwujud sinkronisasi Rencana Tata Ruang Wilayah/ Daerah (RTRWD) antar daerah yang berbatasan dan pemenuhan sistem perkotaan nasional,” ujar Lis.

Dia menambahkan, sehingga pembangunan Tanjungpinang kedepannya lebih terarah, efektif, efisien, dinamis ramah lingkungan dengan penataan ruang dan pemanfaatan lahan yang efektif, serta pelestarian lingkungan hidup dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Sementara, lokakarya itu menggunakan metode diskusi dengan system panel yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi kelompok. (ALPIAN TANJUNG)

One thought on “70 Kota Ikuti Lokakarya Nasional Apeksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.