DPRD Batam Gelar Rapat Pansus Pembahasan Ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan

by -28 views
Suasana Rapat Pansus Ranperda Perpustakaan
Suasana Rapat Pansus Ranperda Perpustakaan

Batam, (MetroKepri) – DPRD Kota Batam menggelar rapat panitia khusus (Pansus) Pembahasan Ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan dengan tim Pemerintah Kota Batam, Senin (6/9/2021).

Rapat Pansus yang digelar di ruang rapat Pimpinan DPRD Kota Batam tersebut dipimpin oleh Ketua Pansus Harmidi Umar Husen yang juga Anggota Komisi I DPRD Kota Batam.

Dalam rapat tersebut, Harmidi Umar Husen menyampaikan bahwa rapat pansus tersebut merupakan rapat perpusatakaan yang ada di Kota Batam.

“Jadi perpustakaan Pemerintahan Kota Batam, bahwa selama ini tidak ada setandar hokum. Jadi supaya lebih kuat untuk mengembangkan nilai anak – anak, maka kita buatlah Perdanya. Sebab ini sebagai inisiatif dari Pemerintah Kota Batam atas pansus ini,” kata Harmidi saat diwawancarai media di ruang pimpinan DPRD Kota Batam.

Harmidi mengatakan, dari hasil pansus ini pihaknya sudah sepakat bahwa pansus tersebut ia anggap perlu.

“Maka kita tunda dulu selama tiga puluh hari. Jadi aturannya tanggal sembilan kita sudah sahkan, tetapi karena dalam kondisi situasi Covid-19 ini, jadi dari pemerintah pusat itu Dinas Perpustakaan tidak bisa menerima kita, belum ada jawaban dari sana,” ucap Harmidi.

Harmidi menjelaskan tujuan Ranperda yang pihaknya bentuk tersebut supaya ada meningkatkan nilai bacaan anak di Kota Batam, sebab selama ini di Kota Batam nilai baca anak tersebut memang ada akan tetapi biar tambah lebih maju lagi.

“Kita tiru di daerah Yogyakarta, jadi disana perpustakaannya itu sudah moderen melalui digital. Jadi apa lagi zaman sekarang ini, jadi nilai baca itu kan sudah mulai mengurang, karena ditimpa oleh dunia teknologi yang canggih ini. Zaman sekarang ini, tinggal pencet telepon google itu sudah muncul,” katanya.

Justru itu, kata Harmidi, kalau pansus perpustakaan ini diam seperti zaman dulu, membaca itu saja sudah mulai malas, apa lagi nilai baca anak – anak zaman sekarang ini.

“Makanya kedepannya, Pemerintah Kota Batam dan DPRD Kota Batam harus mendukung untuk membangun gedung perpustakaan yang besar di Kota Batam ini,” katanya. (*)

Penulis : Rosjihan Halid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.