Izin Dicabut Dishub Provinsi, MV Gembira Masih Berlayar

by -328 views
Ferry MV Gembira yang masih beroperasi walaupun dicabut izin berlayarnya oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kepri
Ferry MV Gembira yang masih beroperasi walaupun dicabut izin berlayarnya oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kepri
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Aneh, izin berlayar dicabut oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri, MV Gembira 0 masih terus berlayar.

Pantauan awak media ini di lokasi Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, MV Gembira diduga menyalahi aturan yang sudah dikeluarkan oleh Dishub Provinsi Kepri.

Pasalnya, izin berlayar yang dicabut oleh Dishub Provinsi Kepri Nomor 552.1/1178/BAPP/2019 tanggal 25/9/2019 perihal: Pencabutan Persetujuan Pengoperasian Rute Pola Kapal (RPK) KM Arena 3 dan MV Gembira.

Namun, MV Gembira tetap mendapatkan izin berlayar Tanjungpinang-Pulau Bukit-Tajur Biru-Tanjung Resun-Sebong-Senayang-Pancur.

Diduga, pihak MV Gembira mendapatkan izin berlayar oleh instansi terkait, walaupun telah dikeluarkan izin pengoperasiannya olej Dishub Provinsi Kepri.

Salah satu warga Kabupaten Lingga yang peduli sesama warga yang menggunakan transportasi laut ini sangat menyayangkan pihak Sahbandar yang diduga masih memberikan izin berlayar kepada MV Gembira.

“Sementara yang dicabut izin RPK-nya oleh Dishub Provinsi yakni KM Arena 3  dan MV Gembira. KM Arena sampai hari ini tidak pernah berlayar sejak dicabut izinnya. Namun, MV Gembira masih berlayar atas izin mereka (Sahbandar),” katanya kepada awak media ini yang namanya enggan disebutkan ini, Kamis (7/11/2019).

Surat pencabutan izin berlayar oleh Dishub Provinsi Kepri
Surat pencabutan izin berlayar oleh Dishub Provinsi Kepri

Seharusnya, kata sumber, pihak Sahbandar atau KSOP tidak mengeluarkan izin berlayar kepada MV Gembira. Hal ini sudah melanggar aturan yang ada dan terkesan pilih “Kasih”.

“Keduanya sudah dicabut izin RPK-nya, komitmen la. Sampai hari ini MV Gembira masih terus beroperasi dan mendapatkan izin berlayar. Sedangkan KM Arena 3 komit terhadap pencabutan izin berlayar tersebut oleh Dishub Provinsi Kepri,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sahbandar (KSOP) Tanjungpinang Mappeati saar dikonfirmasi oleh awak media ini membenarkan telah mengeluarkan izin berlayar MV Gembira.

“Betul, dasar. UU No.17 Th 2008,” katanya lewat pesan WhatsApp sekitar pukul 10.46 Wib pagi. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.