Komisi III DPRD Kepri Pesimis Interkoneksi Selesai 2016

by -168 views
Sekretaris Komisi III DPRD Kepri, H. Sofyan Samsir saat sharing bersama Pemkab Anambas
Sekretaris Komisi III DPRD Kepri, H. Sofyan Samsir saat sharing bersama Pemkab Anambas

Tanjungpinang, (MK) – Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau, H. Sofyan Samsir mengaku pesimis interkoneksi Batam – Bintan bisa selesai pada Desember tahun 2016.

“Melihat dari progress – progress yang dilakukan dan kendala yang dihadapi PLN, kita pesimis selesai,” ucap Sofyan kepada MetroKepri.co,id, Minggu (28/2).

Dia mengutarakan, interkoneksi yang baru masuk ke system saat ini baru 10 dan tower yang sudah dibangun sekitar 100 tower.

“Sedangkan, jumlah keseluruhan tower tersebut sebanyak 269 tower,” katanya.

Legislator Partai Golongan Karya ini juga mengatakan, kendala – kendala yang dihadapi pihak PLN dilapangan tersebut terkait masalah lahan.

“Sebab, ada warga yang tidak mau jual lahan, ada yang tidak ketemu orangnya, dan ada juga yang tidak cocok harganya,” ujar Sofyan.

Menurut dia, dari 269 tower tersebut masih lebih dari 50 persen yang belum bisa diselesaikan, sehingga pekerjaan dilapangan terhambat.

“Sedangakan, total daya yang akan masuk itu nanti sekitar 190 MW. Saat ini, yang perlu diperbaiki pemerintah itu jaringannya. Karena selama ini jaringan tersebut tidak cocok, seharusnya jaringan itu ada empat kabel,” ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya juga mengusulkan, baik kepada PLN dan pemerintah. Sebab, daya tersebut belum bisa disalurkan kerumah – rumah warga.

“Maka, kita mendorong pemerintah terkait hutan lindung yang hingga saat ini belum selesai juga. Kemudian ijin dari Kementerian Kehutanan belum juga keluar,” paparnya.

Menurut dia, karena izin dari Kemenhut belum keluar dapat memperhambat pekerjaan dilapangan. Interkoneksi ini juga merupakan kepentingan nasional, tapi aturan – aturan itu berlaku, sehingga hal itu belum selesai juga.

“Memang permasalahan pembebasan lahan tersebut sangat sulit. Sehingga, hal itu yang menjadi kendala, maka banyak proyek APBN yang tidak terselesaikan, seperti Pelabuhan Tanjung Moco,” ucapnya. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.