Maret 2016, SIM C Akan Dibagi Dua Golongan

by -464 views
Iptu Rizki Mubarok
Iptu Rizki Mubarok

Tanjungpinang, (MK) – Peraturan Kapolri yang dilanjutkan oleh Korlantas Mabes Polri, pada Maret 2016 mendatang Surat Izin Mengemudi (SIM) C untuk kendaraan roda dua akan dibagi menjadi dua golongan.

“Pembagian SIM C itu juga menurut kapasitas atau CC kendaraan yang dimiliki oleh pemohon,” ujar Kanit Regident Satlantas Polres Tanjungpinang, Iptu Riki Fahmi Mubarokh kepada Metrokepri.co.id di kantor Satlantas Polres Tanjungpinang, Rabu (13/1).

Dia mengutarakan, SIM C menjadi SIM C 1 dan SIM C 2 ini juga masih tahap pengajuan dari Korlantas atas Peraturan Kapolri (Perkap) dan berdasarkan pembayaran bukan pajak (PBP).

“Untuk golongan SIM C 1 khusus untuk izin mengemudi kendaraan roda dua dengan kapasitas 250 cc – 500 cc dan SIM C 2 dikhususkan untuk izin mengemudi kendaraan roda dua dengan kapasitas cc 500 ke atas,” papar Riki.

Dia mengemukakan, pengurusan SIM C 1 dan SIM C 2 tersebut pemohon harus membawa KTP atau SIM C yang sudah habis masa berlakunya serta membawa Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) motor yang dikendarai pemohon.

“Dari segi tingkat kesulitan, keperluan dan kosenstrasi lebih spesipik dalam penentuan pengendara yang hendak mengurus SIM C 1 dan SIM C 2 tersebut,” katanya.

Untuk masa berlakunya, kata Riki, akan dipersingkat dan jika dalam masa 3 bulan habis masa berlaku diharuskan bagi pemohon untuk buat baru, karena kondisi akan berubah dalam 1 tahunnya.

Sementara itu, pemberlakuan SIM dengan sistem online belum bisa dilaksanakan saat ini. Namun untuk Unit Regident sendiri masih dalam proses pembuatan program yang nantinya akan di share ke masyarakat untuk prosesnya. (NOVENDRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.