Perda Pajak, Satpol PP Kepri Ikut Operasi Simpatik

by -293 views
Kakan Satpol PP Provinsi Kepri, Maifrizon. Foto Ian
Kakan Satpol PP Provinsi Kepri, Maifrizon. Foto Ian

Tanjungpinang, (MK) – Dalam rangka menegakkan peraturan daerah (Perda) tentang pajak, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kepulauan Riau turut serta dalam Operasi Simpatik Seligi 2016 yang dilakasnakan Satuan Lalu Lintas Polres Tanjungpinang di simpang Dompak, Kamis (10/3).

Disela – sela operasi tersebut, Kepala Satpol PP Provinsi Kepri, Drs. Maifrizon M.Si mengatakan, ada sekitar 60 personilnya yang dilibatkan diantaranya 15 anggota Satpol PP Provinsi Kepri, dan lima anggota Satpol PP Kota Tanjungpinang.

“Sedangkan, anggota Satlantas Polres Tanjungpinang sebanyak 35 orang dan lima orang dari pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Kepri,” ucap Maifrizon kepada MetroKepri.co.id.

Dia mengutarakan, kegiatan ini juga dalam rangka penegakkan Perda Nomor 8 Tahun 2011 pasal 3 tentang pajak daerah. Dalam operasi ini, menertibkan kendaraan roda dua maupun roda empat yang belum memperpanjang pajak kendaraannya.

“Pada operasi ini yang menjadi target kita adalah pajak STNK kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika kedapatan pajak kendaraan belum dibayar, maka akan diberikan sanksi ringan dengan cara membuat pernyataan secara tertulis untuk segera membayar pajak kendaraan mereka,” paparnya.

Kedepannya, kata dia, kegiatan seperti ini akan menjadi kegiatan rutin Satpol PP Provinsi Kepri, dan Satpol PP kabupaten/ kota dengan tujuan menertibkan kendaraan yang belum membayar pajak.

“Hal ini sudah kita koordinasikan kepada pihak Satlantas Polres Tanjungpinang dan sudah disetujui,” ujarnya.

Dia mengemukakan, kegiatan ini juga targetnya bukan hanya kendaraan pribadi saja, melainkan pengecekkan terhadap seluruh pajak kendaraan dinas yang ada.

“Hasilnya, ada 42 kendaraan yang terjaring dalam operasi perdana Satpol PP Provinsi Kepri ini. Kendaraan yang belum melunasi pajaknya kita berikan langsung surat peringatan kepada pengendaranya,” kata Maifrizon.

Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan pemberitahuan kepada seluruh masyarakat pada umumnya dan khususnya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Kepri agar segera membayar pajak kendaraannya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Seksi Pembinaan, Pengawasan dan Penyuluhan Satpol PP Provinsi Kepri, Benedik Paul mengatakan, untuk proses pembayaran pajak kendaraan dinas pihaknya langsung bekerja sama dengan Samsat Tanjungpinang.

“Kami hanya membantu tagihan mereka yang belum membayar pajak, namun kewenangan tetap ada pada Samsat,” ucapnya. (RUDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.