Rapat Diskusi, DPRD Batam Dukung Pembangunan KEK di Tanjung Sauh

by -16 views
DPRD Batam Saat Rapat Diskusi Pembangunan KEK Tanjung Sauh. Foto ROSJIHAN HALID
DPRD Batam Saat Rapat Diskusi Pembangunan KEK Tanjung Sauh. Foto ROSJIHAN HALID
Iklan Banner

Batam, (MetroKepri) – DPRD Kota Batam menggelar rapat diskusi bersama Pimpinan PT Batam Raya Sukses Perkasa, Selasa (24/11/2020).

Diskusi yang digelar di ruang rapat pimpinan DPRD tersebut terkait usulan pembentukan kawasan ekonomi khusus (KEK) yang ada di Tanjung Sauh Kota Batam.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto SH,MH tersebut turut dihadiri oleh Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Ketua Komisi I, II, III dan IV DPRD Kota Batam, Kepala Bapelitbangda Kota Batam, Kadis Penanaman Modal dan PTPS, Dir Batam, Raya Sukses Perkasa, Dir PT. Tembesi Jaya Makmur, Dir PT. Jaya Industri Makmur.

“Rapat kita tadi bersama pimpinan PT. Batam Raya Sukses Perkasa itu, pertama kita membahas terkait investasi atau kawasan ekonomi khusus (KEK) yang ada di Tanjung Sauh. Sebab disana itu akan ada pembangunan proyek pelabuhan, dimana proyek pelabuhan tersebut mulai memasuki tahapan tekhnis. Jadi selama perencanaan pembangunan mulai dari tahu 2018 itu kami dari DPRD belum mengetahui, hanya saja baru cerita kepada kita,” papar Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto saat diwawancari media ini di ruang kerjanya.

Masih kata Nurnyanto, bagi pihaknya yang namanya investor kalau yang berinvestasi itu harus didukung baik itu percepatan-percepatan perizinannya dan percepatan perizinan itu kan harus didukung oleh pemerintah.

“Jadi kenapa masalah ini mulai dari Gubernur, Walikota kok kita baru dikasih tahu,” ujarnya.

Ia memaparkan investor yang akan membangun proyek di kawasan ekonomi khusus (KEK), khususnya didaerah Tanjung Sauh tersebut, investor tersebut sudah mendapatkan izin dari instansi terkait.

“Jadi disaat kita bicara itu, kalau memang betul investasi ini memiliki modal Rp33 triliun, coba banyangin, trus mulai dari izin lahannya, pembebasannya itu katanya semua sudah selesai. Begitu juga masalah prestasinya, makanya kenapa kami mengundang pihak pemerintah dalam rapat diskusi ini bahwa mereka itu sudah menyakinkan kita,” ucapnya.

Jadi kata Nuryanto, adanya proyek di kawasan Tanjung Sauh tersebut pihaknya dari DPRD Kota Batam sangat mendukung bukan memperlambat pembangunan proyek tersebut.

“Jadi kalau kita mendengar di Tanjung Sauh itu akan ada proyek, terus ada kawasan industrinya, berarti ini sudah luar biasa,” katanya. (*)

Penulis: Rosjihan Halid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.