SMAN 2 Bunguran Timur Natuna Raih Juara Harapan 1 NYIA

by -85 views
Foto Bersama Usai Penyerahan Hadiah Juara NYIA 2019
Foto Bersama Usai Penyerahan Hadiah Juara NYIA 2019
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Inventor atas nama Sandi Pamungkas dengan alat TTG Cabe Smart Revolution 2 Asal inventor Kabupaten Natuna berhasil meraih Juara harapan 1 dalam ajang NYIA (National Young Inventor Award) ke-12 tahun 2019 yang diadakan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang dilaksananan sejak 23 sd 26 Oktober 2019 di IC BSD PP Serpong.

Atas prestasi tersebut, Sandi Pamungkas yang berasal dari SMAN 2 Bunguran Timur, Kabupaten Natuna ini mengucapkan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah, bisa menjadi perwakilan Provinsi Kepulauan Riau dan mendapatkan Juara Harapan 1 pada ajang Lomba National Young Inventor Award yang diadakan oleh LIPI,” ucapnya.

Lomba yang dilaksananan dari tanggal 23 sd 26 Oktober 2019 di IC BSD PP Serpong ini, diikuti sekitar 50 Finalis dan nominator dari seluruh provinsi.

Berdasarkan penilaian tim juri, Cabe smart revolution 2 yaitu alat perawat, pemupuk dan penjaga kebutuhan cabai secara otomatis yang dapat membuat cabai hidup selama 3 tahun dan tahan terhadap segala cuaca dan hama dengan menggunakan barang bekas dan memanfaatkan limbah masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kepulauan Riau, Drs Sardison MTP memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih pelajar SMA N 2 Bunguran Timur Kabupaten Natuna, Sandi Pamungkas.

“Selamat. Semoga bisa menjadi motivasi bagi pelajar dan pemuda lainnya di Provinsi Kepri,” ucap Sardison.

Berikut nama nama Juara NYIA 2019;

– Juara 1 : Faustina ammelia dan Immanuelle tantira glory dari SMA Regina Pacis Bogor dengan invensi Nanoextractor, Alat Rumah Tangga Pengekstrak Herbal Kualitas Tinggi dengan Proses Suhu Rendah yang Dicapai Melalui Teknik Getar Ultrasonik pada Tekanan Vakum Menggunakan Kendali Mikrokontroler Berbasis Aplikasi Android.

– Juara 2 : Jasmine Shafa Kurnia dan Adlina Khairina Hasanah dari Zamzam Syifa Boarding School Depok dengan invensi AUTICS: Autocharging Thermoelectric Solar Sebagai Inovasi Charger Handphone Dual Sumber dengan Memanfaatkan Panas Buang Kendaraan Bermotor.

– Juara 3 : Marcelia Sekar Ayu dan Sabrina Putri dari SMAIT Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dengan invensi Garpu Volta (garpu tanah ajaib pembangkit listrik).

– Juara Harapan 1 : Sandi Pamungkas dari SMA N 2 Bunguran Timur Natuna dengan invensi Smart Cabai.

– Juara Harapan 2 : Dyfany Aurariel Syahda dan Ninis Dyah Yulianingsih dari SMA N 1 Kediri dengan invensi SWAPS (SMART WASTE PLASTIC SYSTEM).

– Juara Harapan 3 : M. Rasyid Albana dari SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang dengan invensi SAY NOT SMOKING DETECTOR. (*)

Sumber : DPMDDUKCAPIL Kepriprov.go id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.