2015, Kasus Lakalantas Nihil Disidangkan di PN Tanjungpinang

by -321 views
Pengadilan-Negeri-Tanjung-Pinang
Pengadilan-Negeri-Tanjung-Pinang

Tanjungpinang, (MK) – Selama tahun 2015, kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang terjadi di wilayah Kota Tanjungpinang tidak ada satupun disidangkan oleh Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang.

Data yang diperoleh Metrokepri dari Panitera Muda Pidana PN Tanjungpinang, selama tahun 2015 Pengadilan Negeri Tanjungpinang hanya menyidangkan kasus lakalantas yang terjadi di wilayah Kabupaten Bintan. Sedangkan lakalantas di Kota Tanjungpinang kosong.

“Lakalantas di Bintan ada sebanyak 14 perkara dan delapan perkara diantaranya meninggal dunia yang kita disidangkan,” ucap Panitera Muda Pidana PN Tanjungpinang, Marni Hafti SH, Minggu (3/1).

Hal senada juga disampaikan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Ricki Anas Setyawan SH.

“Perkara lakalantas dari Polres Tanjungpinang tidak ada yang masuk dan didaftarkan untuk disidangkan ke Pengadilan Negeri Tanjungpinang,” ucap Ricki.

Dia mengutarakan, musibah maupun perkara lakalantas sesuai undang – undang tentang lalulintas, segala kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa, merupakan delik biasa atau pidana murni.

Terpisah, data yang diperoleh dari Unit Lakalantas Polres Tanjungpinang belum lama ini, mencatat perkara lakalantas selama tahun 2015 sebanyak 44 kejadian, dan 21 orang diantaranya meninggal dunia.

Sedangkan kerugian materi yang dialami korban dalam kasus lakalantas tersebut, sebanyak Rp151 juta. Sementara untuk kasus tabrak lari yang masih menjadi penyelidikan Satlantas Polres Tanjungpinang tercatat tujuh kasus.

Kasus lakalantas tersebut tidak berlanjut ke meja hijau Pengadilan Negeri Tanjungpinang disebabkan beberbagai hal. Diantaranya, kesulitan untuk mendapatkan saksi yang mengetahui kejadian.

Disamping itu, sebagian yang meninggal dunia, akibat lakalantas tersebut, merupakan sebagai pelakunya. Alasan lain, lambatnya laporan dari pihak korban yang diterima pihak Unit Lakalantas Polres Tanjungpinang, termasuk adanya penyelesaian yang dilakukan diluar pengadilan. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.