Amankan Laut, Guskamla Koarmada I Gelar Operasi Perbatasan Setiap Hari

by -17 views
Danguskamla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Yaya Sofian Saat rapat koordinasi dengan perwira KRI di Mako Guskamla Koarmada l
Danguskamla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Yaya Sofian Saat rapat koordinasi dengan perwira KRI di Mako Guskamla Koarmada l
Iklan Banner

Batam, (MetroKepri) – Guskamla Koarmada l jamin keamanan laut khususnya di Selat Malaka dan Selat Singapura. Setiap hari mereka gelar operasi di perbatasan dengan menggunakan KRI.

“Kami setiap hari selama setahun rutin gelar operasi di daerah perbatasan,” kata Danguskamla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Yaya Sofian usai rapat koordinasi dengan perwira KRI di Mako Guskamla Koarmada l, Jumat (10/1/2020).

Kata Yayan, rapat koordinasi ini guna menangkal kejahatan di laut. Misalnya sepanjang tahun 2019 lalu mereka telah mengamankan beberapa penyelundupan seperti Baby Lobster, Narkotika dan lain sebagainya.

“Ditahun 2020 ini, kami akan menangkalnya khususnya titik yang kami anggap rawan,” ujarnya.

Guna menjaga stabilitas keamanan di laut, ia meminta kepada semua pihak agar memberikan informasi khususnya terhadap gangguan-gangguan seperti perompakan, pencurian dan lain sebagainya.

“Saya imbau pengguna laut khususnya di Selat Singapura dapat melaporkan melalui jaring radio VHR Marine Band Channel 12 & 16 dan melalui kontak email Guskamla I batampuskodal@gmail.com atau guskamlakoarmabar@gmail.com, serta nomor-nomor telepon Hotline Instansi kemanan lainnya,” ucapnya.

Kata dia, banyaknya mobilitas yang menggunakan jasa laut di Sekat Malaka dan Selat Singapura ini sering digunakan untuk kejahatan. Untuk itu, kegiatan Guskamla Koarmada l tidak hanya keselamatan saja, tapi juga untuk kepentingan nasional.

“Kegiatan ini dilaksanakan menggambarkan kepentingan nasional, tugas kami mengamankan kepentingan nasional. Setiap hari gelar pengamanan perbatasan diseluruh wilayah nasional Indonesia,” ucapnya. (*)

Penulis : Tengku Bayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.