Kesbangpol Khawatir Gafatar Kembali Berkembang

by -182 views
Kepala Kesbangpol Provinsi Kepri, Syafri Salisman
Kepala Kesbangpol Provinsi Kepri, Syafri Salisman

Tanjungpinang, (MK) – Kepala Kebangpolinpemas Provinsi Kepulauan Riau, Syafri Salisman mengkhawatirkan organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) potensial kembali berkembang karena bekas pengikutnya sulit dibina dan masih ada yang meyakini ajaran organisasi tersebut.

“Bekas pengikut Gafatar ‘dilepaskan’ sehingga potensial organisasi ini kembali berkembang,” ucap Syafri, Kamis (10/3).

Menurut dia, di Kepri ada ratusan eks pengikut Gafatar. Paling banyak mereka tinggal di Batam dan sudah mendapat pembinaan.

“Sejumlah eks Gafatar menyatakan kembali ke ajaran Islam, namun yang lainnya masih ada yang bertahan, tetap menganggap ajaran organisasi itu benar,” ujarnya.

Kondisi itu, kata dia, pemerintah tetap melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap aktivitas eks pengikut Gafatar tersebut. Namun hal itu tidak dapat dilakukan secara maksimal, karena mereka tinggal di tempat yang berbeda.

“Jumlah petugas yang melakukan pembinaan dan pengawasan juga terbatas, sehingga dikhawatirkan Gafatar kembali berkembang dengan “wujud” yang lain. Hal ini yang harus diwaspadai,” kata Syafri.

Dia menghimbau, seluruh eks pengikut Gafatar agar meninggalkan organisasi itu, dan kembali menjalankan kehidupan normal sesuai ajaran Islam dan berhati – hati dalam memilih organisasi, terutama yang bersifat kerohanian.

Sebelumnya, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyampaikan Gafatar sempat berkembang karena pengawasan masih lemah.

Pengawasan yang kuat dan terkoordinir akan mencegah gerakan – gerakan yang tidak sesuai dengan nilai – nilai keagamaan, konstitusi dan Pancasila.

Satu – satunya jalan untuk meningkatkan pengawasan harus melibatkan seluruh Ketua RT dan RW. Mereka harus memperkuat pengawasan di lingkungannya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.