Korps Marinir Lestarikan Kekayaan Alam Nasional

by -305 views
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MK) – Korps Marinir sebagai bagian integral dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melakukan beberapa upaya membantu pelestarian kekayaan alam nasional. Salah satunya melalui program Save Our Littoral Life (SOLL), yaitu penanaman karang secara serentak diseluruh wilayah Indonesia yang langsung dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo. Hal ini merupakan upaya menuju poros Maritim Dunia.

Khusus wilayah Tanjungpinang, Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan IV Tanjungpinang bekerjasama dengan Mahasiswa UMRAH, Mahasiswa Stisipol, Pramuka Saka Bahari, Lurah Kawal, Kades Teluk Bakau, Badan Lingkungan Hidup Provinsi Kepri, DKP Kabupaten Bintan, Satpol PP Provinsi, Satpol PP Kabupaten Bintan, HNSI dan Nelayan Bintan, SMP Kawal, Club Selam DTC Tanjungpinang, Club Selam Indera Sakti TPI, Club Selam Wan Jakaria serta TNI/ Polri melakukan penanaman karang di Agro KM 36 Kawal, Kabupaten Bintan pada Sabtu (15/8).

Kegiatan itu juga diawali dengan sambutan Danlantamal IV yang dibacakan oleh Asisten Operasi (Asops) Danlantamal IV, Kolonel Laut (P) Alex Syahril menyampaikan, saat ini kerusakan lingkungan laut dan pesisir sudah sangat memprihatinkan.

“Hal ini disebabkan oleh ulah dari manusia itu sendiri dan proses alami yang membutukan penanganan secara cepat dan tepat,” ucapnya.

Dia mengatakan, kegiatan penanaman karang saat ini bertujuan untuk mengembalikan ekosistim alam khususnya laut agar tidak mengalami kerusakan semakin parah sehingga dibutukan komitmen dan kesadaran khususnya semua komponen bangsa untuk menyelamatkan melalui penanaman karang.

“Apabila lingkungan laut bisa kita jaga kelestariannya maka akan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat karena dengan terjaganya karang, maka ikan – ikan akan berkembang biak dan akan mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan wisata bahari,” ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Kepri, Yeri mengatakan, akan mengembangkan kerjasama seperti ini karena leading sektornya BLH dapat diajukan penganggaran yang berkelanjutan kedepannya.

“Kita tidak saja menanam, tetapi pemeliharaan yang paling utama, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak menggunakan bom dan pestisida dalam menangkap ikan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Danyonmarhanlan IV, Mayor Marinir Isna Muhcin Abdila mengucapkan terimakasih sedalam – dalamnya atas seluruh bantuan dan partisipasi serta kerjasama dari semua peserta.

“Sehingga acara ini sudah berjalan enam kali di Tanjungpinang dan berjalan sukses,” katanya.

Karena, tambahnya, apapun yang dilaksanakan dan tanpa dukungan dari semua komponen masyarakat dan pemerintah daerah, maka tidak ada artinya. (ALPIAN TANJUNG/ Dispen Lantamal IV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.