Lanal Dabo Singkep Sosialisasikan Program Peduli Keselamatan Pelayaran

by -304 views
Danlanal Dabo Singkep Saat Sosialisasi Keselamatan Berlayar. Foto Istimewa
Danlanal Dabo Singkep Saat Sosialisasi Keselamatan Berlayar. Foto Istimewa
Iklan Banner

Lingga, (MK) – Dalam rangka mendukung kegiatan program peduli keselamatan pelayaran di wilayah kerja Komando Armada RI Kawasan Barat yang dilaksanakan secara serentak pada hari ini. Lanal Dabo Singkep melakukakan sosialisasi tentang keselamatan berlayar bagi nelayan dan masyarakat pengguna jasa angkutan laut.

Danlanal Dabo Singkep Kabupaten Lingga Letkol Laut (p) Agus Yudho K melalui Pasintel Lanal Dabo Singkep Eko menyampaikan kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Selayar Kabupaten Lingga, pada Senin (06/11/2017) dan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB sampai selesai.

“Pada sosialisasi itu, turut hadir Komandan Lanal Dabo Singkap Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, M. Tr. Hanla, Camat Selayar, Abang Syaril beserta Wakil Camat Selayar, Paspotmar Lanal Dabo Singkep, Danposal beserta seluruh Anggota Pos Penuba, Kades Penuba dan Camat Selayar Drs. Abg. Syafril, serta 60 orang peserta sosialisasi dari nelayan pengguna laut sekitar Kecamatan Selayar,” paparnya kepada MetroKepri melalui sambungan WhatsApp telepon selulernya.

Eko mengutarakan, sosialisasi itu juga resmi dibuka oleh Komandan Lanal Dabo Singkep dan Camat Selayar yang ditandai dengan pemasangan alat keselamatan berlayar berupa Sweemvest kepada perwakilan masyarakat nelayan pengguna jasa angkutan laut.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Dabo Singkep menyampaikan sosialisasi yang berisi pesan – pesan moril bagi para pengguna laut yakni jangan pernah menganggap enteng dalam menghadapi bahaya di laut, terutama pada saat datang cuaca buruk seperti angin ribut, ombak besar maupun visibility yang terbatas karena cuaca gelap, kabut maupun hujan deras.

Kemudian, apabila cuaca tidak memungkinkan untuk melakukan pelayaran berusahalah agar tidak memaksakan diri turun ke laut dengan mengabaikan keselamatan.

Masih kata Danlanal Dabo Singkep, menghadapi cuaca yang tidak menentu pada akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 mendatang agar para nelayan dan pengguna jasa angkutan laut mempersiapkan diri, melengkapi sarananya dengan alat – alat keselamatan berlayar seperti sweemvest, tali pengikat dan tabung pemadam kebakaran serta alat komunikasi yang baik dan layak digunakan.

Selanjutnya, masalah keselamatan jangan dijadikan momok yang sangat menakutkan, sehingga tidak melakukan aktifitas di laut.

“Ingatlah bahwa sesungguhnya kita adalah keturunan pelaut yang tangguh sejak jaman nenek moyang kita dahulu. Namun demikian, tetaplah laksanakan pelayaran dengan penuh perhitungan dan persiapan yang matang. Jangan mengabaikan keselamatan jiwa serta selalu menjaga lingkungan dan biota laut,” ujarnya.

Dikesempatan itu, Camat Selayar, Drs. Abg. Syafril mengucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya kepada Komandan Lanal Dabo Singkep atas perhatian dan menyempatkan diri untuk bertatap muka dengan para nelayan dan pengguna laut khususnya warga masyarakat Selayar, dengan harapan kedepan akan diwajibkan kepada para pengusaha ikan maupun pengguna jasa angkutan laut di wilayah Kecamatan Selayar untuk menyediakan peralatan keselamatan bagi para ABK kapal yang menjadi karyawan, sekaligus memenuhi segala tanggungjawab sebagai pemilik kapal pengguna jasa angkutan laut. (NAZILI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.