Menkominfo Tinjau NOC Palapa Ring Barat di Ranai

by -245 views
Menteri Kominfo, Rudiantara Saat Kunker ke Ranai. Foto MANALU
Menteri Kominfo, Rudiantara Saat Kunker ke Ranai. Foto MANALU
Iklan Banner

Natuna, (MK) – Kabupaten Natuna menjadi salah satu agenda kunjungan kerja Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

Agenda kunker Rudiantara adalah meninjau Network Operation Centre (NOC) Palapa Ring Barat di Ranai Ibukota Kabupaten Natuna.

Bupati Natuna Hamid Rizal Saat Menyampaikan Kata Sambutan. Foto MANALU
Bupati Natuna Hamid Rizal Saat Menyampaikan Kata Sambutan. Foto MANALU

Bupati Natuna Hamid Rizal bersama unsur FKPD, DPRD, tokoh masyarakat menyambut langsung rombongan Menteri Komunikasi dan Informatika saat tiba di Bandara Lanud Raden Sadjad (RSA) Natuna, Senin (26/03/2018) siang dengan menggunakan pesawat terbang PAUM milik TNI – AU.

Dalam sambutannya, Bupati Natuna mengatakan sektor telekomunikasi saat ini sangat dibutuhkan dan mendesak. Ini dapat dilihat dari tersedianya akses internet bagi desa, Puskesmas dan sekolah.

“Hal ini mendukung kebijakan pemerintah pusat yang menghendaki penyelenggaraan lalu lintas data yang berbasis online,” papar Hamid.

Bupati berharap, dengan adanya kunjungan Menkominfo, signal internet di Kabupaten Natuna bisa dinikmati dengan baik oleh masyarakat. Natuna merupakan daerah terdepan NKRI, berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga dan sudah ditetapkan sebagai daerah pertahanan.

“Sudah seharusnya internet dan akses percepatan pembangunan harus digesa sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo,” ujarnya.

Dikesempatan itu, Menkominfo Rudiantara menyampaikan Palapa Ring Barat adalah upaya peningkatan layanan internet diseluruh wilayah Kabupaten Natuna yang salah satu wilayah perbatasan diujung utara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tidak lain merupakan wujud eksistensi negara dalam menyelenggarakan pelayanan bagi seluruh rakyatnya,” ucap Rudiantara.

Oleh karenanya melalui momentum kunjungan kerja Menteri Kominfo, besar harapan kedepan segala program yang diusulkan dengan maksud dan tujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan serta pelayanan prima dapat terealisasi.

Sementara itu, meski kondisi hujan menguyur tenda pada agenda Menkominfo, tidak membuat acara tersebut menjadi terkendala. Saat itu juga dilakukan ujicoba jaringan telecomference dari Palapa Ring Barat Natuna ke Batam, Anambas dan Palapa Ring Timur.

Menurut seluruh pembicara dalam percakapan telecomference dari luar mengatakan gambar terlihat jelas dan suara juga jelas terdengar. Setelah rangkaian acara di Palapa Ring Barat selesai, Menteri beserta rombongan beranjak ke rumah makan Sisi Basisir dalam rangka jamuan makan bersama dan selanjutnya Menteri dan rombongan menuju Bandara Ranai dan meninggalkan Kabupaten Natuna. (MANALU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.