Gaji Guru Honorer di Ranai Lima Bulan Tak Dibayar

by -493 views
Ilustrasi honorer
Ilustrasi honorer
Iklan Banner

Natuna, (MK) – Guru honorer di Ranai Kabupaten Natuna hampir lima bulan tidak menerima gaji. Guru honor yang diangkat melalui sekolah tersebut tidak pernah menerima gajian hingga akhir April 2016 ini.

Meski belum menerima gaji, guru tersebut harus tetap memberikan pelajaran kepada siswanya.

Seorang guru komite di SMA Ranai mengeluhkan nasib mereka. Dia berharap gaji mereka segera dibayarkan, agar dapat menutupi biaya transportasi ke sekolah dan kebutuhan hidup.

“Gaji Rp1 juta per bulan saya terima, namun di tahun 2016 ini kami belum ada terima gaji. Sudah hampir jalan lima bulan tidak gajian,” ucap ibu guru Bahasa Indonesia yang enggan namanya dipublikasikan di media ini, Jumat (29/4).

Selain itu, ketika ibu guru Bahasa Indonesia tersebut meminta keterangan Kepala Sekolah, dia mendapat jawaban Dinas Pendidikan Natuna belum bisa bayar.

“Pak kepala sekolah mengatakan, belum bisa karena pihak Disdik belum bisa bayar, karena dana BROS tidak bisa untuk bayar gaji guru,” ucap guru tersebut.

Sementara, saat MetroKepri.co.id menjumpai PPTK dana BROS tingkat menengah, Yudo mengatakan, saat ini masih penyusunan tahapan regulasi pembayaran gaji honorer.

“Saat ini, tidak bisa lagi menggunakan dana BROS untuk membayar gaji, karena hanya diperuntukan untuk biaya operasional sekolah melalui Perbup no 22 tahun 2016 tentang biaya rutin sekolah. Sedangkan untuk pembayaran gaji tidak diperbolehkan,” ucap Yudo.

Akan tetapi, kata dia, pihaknya masih mencari regulasinya dan telah berkordinasi dengan inspektorat dan BPK dengan arahan sistem kontrak atau hibah.

“Kalau nantinya memakai sistem hibah, paling bisa diajukan di APBD P tahun 2016. Kita juga berharap kepada pihak komite untuk bermusyawarah, karena bila tidak ada ditemukan regulasinya, maka guru honorer tidak akan dibayar,” katanya.

Dia mengutarakan, apabila tidak ada regulasinya dan tidak bisa di bayar gaji komite, setidaknya menunggu kebijakan Kepala Dinas. (KALIT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.