Pansus DPRD Kepri Sederhanakan Regulasi Bantuan Dana Bergulir

by -342 views
Ketua-Komisi-II-DPRD-Provinsi-Kepri-Ing-Iskandarsyah
Ketua-Komisi-II-DPRD-Provinsi-Kepri-Ing-Iskandarsyah

Tanjungpinang, (MK) – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Dana Bergulir DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Ing Iskandarsyah akan menyederhanakan regulasi pemberian bantuan dana bergulir untuk usaha kecil.

“Perda Nomor I Tahun 2013 yang mengatur pemberian bantuan modal usaha kecil direvisi, karena terlalu berbelit – belit dan sulit dilaksanakan,” ucap Iskandarsyah, Selasa (22/3).

Dia mengutarakan, Ranperda dana bergulir saat ini hanya 12 pasal, lebih tegas, sederhana, efektif dan efisien.

“Bantuan untuk pengusaha kecil itu tidak lagi diurus oleh Dinas Koperasi dan UKM maupun Dinas Pertanian, melainkan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah,” papar Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Menurut dia, dinas itu hanya merekomendasikan nama – nama usaha kecil yang berhak mendapatkan bantuan dana bergulir.

“Sedangkan instansi yang berwenang mencairkan dana bergulir tersebut yaitu unit kerja yang dibentuk Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Maka, selama ini ada kesalahan, pencairan dilakukan di Dinas Koperasi dan UKM. Ini tidak efektif,” katanya.

Dia mengemukakan, nilai bantuan yang diberikan pemerintah kepada pelaku usaha kecil berdasarkan kondisi usaha dan kemampuan pelaku usaha untuk mengembalikan dana itu ke kas daerah.

“Mereka bisa saja mendapat bantuan Rp5 juta, bisa Rp50 juta dan itu tergantung kondisi mereka,” katanya.

Dia mengatakan, pembahasan rancangan peraturan daerah itu sudah mencapai 50 persen. DPRD Kepri diharapkan mendukung rancangan peraturan tersebut untuk disahkan menjadi peraturan.

“Membuat regulasi itu adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama pelaku usaha kecil dan menengah,” ucapnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.