Rudi dan Amsakar Dapat Penghargaan Insan Peduli Zakat

by -28 views
Foto Bersama Usai Penyerahaan Penghargaan Insan Peduli Zakat
Foto Bersama Usai Penyerahaan Penghargaan Insan Peduli Zakat
Iklan Banner

Batam, (MetroKepri) – Wali Kota Batam dan Wakil Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad mendapat penghargaan sebagai Insan Peduli Zakat 2020.

Penghargaan itu diserahkan saat peluncuran aplikasi BAZNAS di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (4/3/2021).

Di kepemimpinan Rudi-Amsakar, pengelolaan zakat oleh BAZNAS Batam lebih terarah. Bahkan, potensi zakat di Batam terus mengalami kenaikan setelah adanya kebijakan pengelolaan zakat profesi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Terbaru, Rudi yang juga sebagai Kepala BP Batam menerapkan kebijakan sama di lingkungan BP Batam.

“Potensi zakat sangat tinggi, alhamdulillah kebijakan selama ini bisa meningkatkan potensi zakat yang nantinya disalurkan kepada penerima zakat sesuai ketentuan agama,” papar Rudi.

Ia mengaku, melalui dua kebijakan pengelolaan zakat profesi bagi pegawai Pemko dan BP Batam, BAZNAS Batam mampu mengumpulkan Rp30 miliar. Namun, angka itu masih jauh dari potensi zakat di Batam yang diperkirakan mencapai Rp250 miliar.

“Semoga BAZNAS Batam makin gencar mengumpulkan potensi zakat di Batam demi menyejahterakan masyarakat Batam,” ujarnya.

Rudi mengungkapkan, data kemiskinan di Batam saat ini mencapai 41 ribu kepala keluarga atau 284 ribu jiwa. Ia berharap, melalui program BAZNAS, dapat membantu pemerintah dalam menangani persoalan kemiskinan di Batam.

“Mari ketuk hati kita untuk menyalurkan zakat. Mengurus orang miskin bukan hanya tugas pemerintah, tapi semua punya peran masing-masing,” kata Rudi.

Selain Rudi dan Amsakar, sejumlah pejabat lain juga mendapat penghargaan sebagai Insan Peduli Zakat 2020. Pejabat tersebut diantaranya Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Batam, Zulkarnain Umar, Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, dan sejumlah pejabat lain.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam, Muhith Marzuki menyampaikan apresiasi bagi insan peduli zakat.

Dalam peluncuran aplikasi BAZNAS tersebut, ia mengatakan akan memudahkan muzaki dalam menunaikan kewajibannya. Ia mengaku, peluncuran aplikasi itu pula sebagai langkah BAZNAS menjawab tantangan di zaman serba digitalisasi.

“Apa yang telah kita inginkan maju di zaman digital, pada hari ini terlaksana. Kami hanya ingin memudahkan bagi muzaki,” katanya.

Aplikasi itu bisa diunduh melalui Play Store bagi pengguna Android. Sementara bagi pengguna iPhone, bisa melalui laman resmi BAZNAS Batam. Adapun kemudahan yang diberikan dalam aplikasi itu seperti informasi tentang zakat, kalkulator zakat, pembayaran zakat, dan info kegiatan.

“Semoga dengan peluncuran ini memudahkan dalam membayar zakat. Dan kami ucapkan terima kasih kepada Wali Kota Batam yang sudah mendukung semua program BAZNAS Batam,” katanya. (Rosjihan Halid/ MC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.