Sambut Ramadan, Warga Binaan Siap Laksanakan Keagamaan

by -58 views

Tanjungpinang, (MK) – Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IA Tanjungpinang, Kunrat Kasmir menyampaikan, dalam menyambut bulan suci Ramadan 1436 Hijiriah 30 santri warga binaan siap melaksanakan kegiatan keagamaan.

“Kegiatan keagaaman yang akan dilaksaanakan para santri warga binaan selama Ramadan, seperti melaksanakan pesantren kilat, membaca ayat – ayat suci Alquran pada siang dan malam hari untuk tadarus, menggelar ceramah agama (tausiah), Sholat Tarawih bersama dan buka puasa bersama. Pada pelaksanaan ini semua, tentunya dengan pengawasan dari kita,” kata Kunrat, Selasa (16/6).

Selain santri, kata Kunrat, juga diikuti seluruh warga binaan yang ada di Rutan yaitu sekitar 250 orang.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini untuk memantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT bagi yang beragama Islam dan ini bentuk pembinaan kita terhadap mereka,” ucap Kunrat.

Ia mengutarakan, selama Ramadan dan pada pelaksanaan Sholat Tarawih akan didatangkan Ustad dari Kemenag Tanjungpinang.

“Namun apabila ustadnya berhalangan, maka para santri sendiri yang memberikan santapan rohani Ramadan dan mereka para santri telah siap,” katanya.

Sementara untuk melaksanakan Sholat Tarawih, sambungnya, dibagi berdasarkan dari jumlah santri sekitar 250 orang napi tersebut.

“Kenapa secara bergiliran, karena kami dari Rutan kekurangan tenaga dalam mengawasi para napi, maka itu kita bagi untuk melaksanakan Sholat Tarawih,” ujarnya.

Namun pada siang harinya, kata Kunrat, para santri melaksanakan pesantren kilat dengan dibimbing ustad yang telah didatangkan dari luar.

“Pelaksanaannya diadakan di Musalla Rutan, begitu juga dengan pengajian pembacaan ayat suci Alquran serta sholat bersama,” katanya.

Selain itu, kata dia, ada juga buka bersama, bahkan informasinya pihak Pemerintah Kota Tanjungpinang juga akan melaksanakan buka bersama dengan napi di bulan suci Ramadan. (AFRIZAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.