Yonmarhanlan IV Gelar Open Marines Shooting Championship III

by -390 views
Peserta saat mengikuti lomba Tembak di Lapangan Tembak Jalan Ciku Tanjungpinang
Peserta saat mengikuti lomba Tembak di Lapangan Tembak Jalan Ciku Tanjungpinang

Tanjungpinang, (MK) – Sempena memperingati HUT Korps Marinir ke – 70 dan menyongsong Hari Armada RI yang akan jatuh pada 5 Desember 2015, ratusan peserta mengikuti kejuaraan menembak Kepri Open Marines Shooting Championship III yang digelar oleh Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang di Lapangan Tembak Jalan Ciku Kampung Baru Tanjungpinang, Sabtu (21/11).

Kejuaran menembak itu juga, dibuka oleh Komandan Lantamal IV yang dalam hal ini diwakili oleh Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi.

Turnamen menembak Kepri Open Marines Shooting Championship III tahun 2015 ini merupakan salah satu wujud pembinaan bagi para prajurit TNI AL/ Marinir dan atlet penembak Provinsi Kepri guna meningkatkan kemampuan dan ketangkasan menggunakan senjata sebagai upaya pengembangan dan pembinaan prestasi olahraga menembak Provinsi Kepri sekaligus meningkatkan profesionalisme prajurit Yonmarhanlan IV Tanjungpinang.

Dalam sambutan Komandan Lantamal IV yang dibacakan oleh Wadan Lantamal IV, Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi menyampaikan, olahraga tembak sangat membutuhkan mental yang prima dimana antara fikiran dan perasaan terpadu menjadi satu.

“Di samping kondisi lingkungan disekelilingnya dapat merusak konsentrasi, juga dituntut untuk mendapatkan hasil yang sempurna, sehingga olahraga menembak merupakan sarana yang tepat untuk melatih secara kontiniu mental para atlet agar mampu menghadapi tantangan walaupun dalam kondisi di bawah tekanan, namun dapat memberikan hasil optimal,” ucapnya.

Sementara, Danyonmarhanlan IV Tanjungpinang, Mayor Marinir Isna Muhsin Abdillah selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, perlombaan menembak ini dimaksudkan sebagai uji kemahiran menembak bagi para penembak dan juga sarana untuk mengukur kemampuan guna mencapai prestasi ditingkat lokal maupun nasional.

“Tujuannya untuk memasyarakatkan olahraga menembak dan mewadahi para atlit menembak TNI, Polri maupun sipil dalam kategori menembak pistol maupun senapan angin untuk dapat bersaing secara sehat dalam meraih prestasi guna kesiapan dalam menghadapi pertandingan pada event lokal maupun nasional yang lebih besar,” katanya.

Kegiatan ini juga, kata dia, sekaligus mencari bibit petembak junior untuk disiapkan mengikuti PON Remaja ke – 2 di Jawa Tengah dan memberikan pengaruh positif bagi masyarakat dan pelajar yang memiliki hobby olahraga menembak di Provinsi Kepulauan Riau pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Kepri Open Marines Shooting Championship III tahun 2015 ini juga mempertandingkan enam nomor yaitu tembak Pistol 15 M Presisi Eksebisi, tembak Pistol 20 M Eksekutif Prestasi (Fun Game) Umum, tembak Pistol 25 M satu tangan (Fun Game) Umum, tembak Air Rifle 10 M tingkat SLTA, tembak Air Rifle 10 M tingkat SLTP, tembak Air Rifle 25 M pompa, PCP + tele (Fun Game) umum.

Pihak panitia penyelenggara menyediakan piala dan piagam serta uang pembinaan untuk masing – masing juara di tiap – tiap kategori yang dipertandingkan.

Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain Koordinator Daerah Desk PPKP Kemhan Wilayah Kepri, Kolonel Marinir Enjang Suryana, Asintel Danlantamal IV Kolonel Laut (P) M. Hamzah Suryo Widodo, Kasiops Korem 033/ WP Kolonel INF Parjiyo, Danwing Udara 2 Kolonel Laut (P) M. Tohir, Danlanud Tanjungpinang Letkol PNB Andy Ferdinand Picaulima, Kapolres Tanjungpinang, para pejabat SKPD Pemprov Kepri, para pejabat FKPD Pemko Tanjungpinang, Ketua Perbakin Privinsi Kepri. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.