Bawaslu Kepri Minta Media Sajikan Berita Tahapan Pilkada

by -208 views
Bawaslu saat konperensio Pers. Foto AFRIZAL
Bawaslu saat konperensio Pers. Foto AFRIZAL

Tanjungpinang, (MK) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meminta para media untuk membantu mensosialisasikan dan menyajikan pemberitaan informasi pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kepada masyarakat baik di tingkat kabupaten kota dan provinsi.

“Kami (Bawaslu Kepri) meminta kepada media cetak, elektronik maupun radio, agar menyajikan berita yang dapat memberikan informasi untuk mencerdaskan masyarakat dalam menentukan pilihannya di Pilkada Desember 2015 mendatang,” kata Ketua Bawaslu Kepri, Razaki Persada yang didampingi Indrawan Susilo dan Lendra Wati dalam workshop dan sosialisasi pengawasan Pemilu Gubernur, Bupati dan Walikota di salah satu hotel di Tanjungpinang, Jumat (25/9).

Dia mengatakan, media memiliki andil besar dalam menyukseskan Pilkada melalui pemberitaan yang dapat menjadi pertimbangan masyarakat ketika akan menentukan hak pilih.

“Jadi dalam kampanye nanti, kami menyarankan untuk masing – masing pasangan pada Pilkada nanti, tidak hanya dilakukan di media masa, elektronik maupun radio. Tetapi berbentuk tatap muka dan dialog langsung berhubungan dengan masyarakat,” ujarnya.

Sehingga, kata dia, masyarakat tidak terpengaruh dan bisa mengetahui langsung calonnya dan tetap murni menentukan pilihannya. Selain itu, Razaki juga meminta, agar media memberikan berita harus seimbang kepada masing – masing pasangan calon.

“Supaya para calon dapat hak yang sama dan dapat menilai berita yang disampaikan media seimbang sehingga tidak ada yang dirugikan,” katanya.

Menurut dia, bukan karena memberikan batasan terhadap suatu pemberitaan, tetapi mengatur agar masing – masing calon memperoleh kesetaraan di mata masyarakat.

“Namun apabila ditemukan adanya suatu pelanggaran, padahal media sudah memberikan pemberitaan yang seimbang dan masih banyak ditemukan pelanggaran pada salah satu calon, segera laporkan kepada Bawaslu, begitu juga untuk masyarakat dan segera laporkan kepada Bawaslu Kepri,” ucapnya. (AFRIZAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.