Desa Setumuk Jadi Sasaran Inovasi Kurmala

by -71 views
Ketua TP PPK Kabupaten Natuna Hj. Nurhayati Hamid Rizal saat mengunjungi salah satu rumah lansia
Ketua TP PPK Kabupaten Natuna Hj. Nurhayati Hamid Rizal saat mengunjungi salah satu rumah lansia
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Natuna bersama TP PKK Kabupaten Natuna melaksanakan kegiatan Inovasi Kurmala (Kunjungan Rumah Lansia), di Desa Setumuk Kecamatan Pulau Tiga Barat, Rabu 17 Juni 2020.

Ketua TP PPK Kabupaten Natuna Hj. Nurhayati Hamid Rizal mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan pelayanan terintegrasi dalam bentuk bantuan sosial, pelayanan kesehatan dan psikologis yang diberikan kepada para lansia, terutama yang sakit dan tergolong warga miskin.

“Kegiatan ini merupakan bentuk integrasi program antara bina keluarga lansia, puspaga dan kegiatan sosial dari Tim PKK yang memiliki sasaran sama, dilakukan secara bersama-sama di waktu dan tempat yang sama,” papar Hj Nurhayati.

Kepala Dinas P3AP2KB, Rika Azmi saat memberikan penjelasan Inovasi Kurmala
Kepala Dinas P3AP2KB, Rika Azmi saat memberikan penjelasan Inovasi Kurmala

Kepala Dinas P3AP2KB, Rika Azmi menjelaskan warga yang tergolong lanjut usia atau lansia merupakan golongan masyarakat yang rentan dan memiliki banyak problema, baik secara fisik, psikis maupun sosial. Untuk itu perlu diperhatikan dan juga dipastikan mereka mendapatkan hak-hak dari keluarganya.

Rika melanjutkan, program-program dari pemerintah sebenarnya sudah sangat baik, demikian juga cukup banyak instansi dan organisasi masyarakat bahkan pihak swasta yang memiliki sasaran lansia dalam program kerjanya.

Tentunya, integrasi program serta sinergisme akan meningkatkan kualitas, efektifitas, serta saling melengkapi sehingga pelayanan kepada lansia secara holistik integratif memberikan dampak yang positif kepada masyarakat.

“Rencana kedepan, kita akan menggandeng instansi dan organisasi masyarakat yang memiliki program dengan sasaran yang sama, agar kegiatan ini dapat berlanjut secara konsisten,” ujar Rika.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, dr. Fachry Husain mengatakan kegiatan pelayanan ini dilakukan kepada 18 orang lansia dengan pemberian bingkisan makanan sehat berupa susu, biskuit, buah Apel dan vitamin C serta uang tunai.

Selain itu, dilaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh dokter didampingi petugas kesehatan dan edukasi kesehatan kepada lansia maupun keluarganya.

“Beberapa lansia memiliki gejala hipertensi berat yang langsung diberikan pengobatan langsung, serta diberikan edukasi kepada keluarganya. Beberapa lansia juga mengalami gangguan pendengaran berat, gangguan penglihatan berat serta gangguan kejiwaan, sehingga dianjurkan untuk mendapatkan rujukan ke RSUD Natuna,” katanya.

Sementara itu, Psikolog dari P2TP2A, Sumarni memberikan pelayanan psikologis kepada para lansia dan keluarganya mengatakan edukasi, supporting serta pelayanan psikologis lainnya diberikan kepada mereka sesuai kondisi.

Beberapa pasien menunjukkan kelainan jiwa mulai dari yang ringan sampai berat dan sudah mendapatkan pengobatan secara rutin dari puskesmas.

“Para lansia di Desa Setumuk sudah mendapatkan perhatian yang cukup dari keluarganya dan tidak ada satupun yang diterlantarkan, hal ini sangat baik bagi para lansia yang sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari anak ataupun keluarga yang mengasuhnya. Meskipun beberapa lansia tinggal sendiri dan tidak mau menyulitkan anaknya untuk tinggal bersama mereka, tapi kunjungan dan perhatian memang paling dibutuhkan untuk lansia yang mempunyai keterbatasan penglihatan dan kecacatan lain yang menyulitkan untuk keluar rumah,” ucapnya.

Kegiatan yang digagas oleh Kepala Dinas P3AP2KB bersama Ketua TP PKK Kabupaten Natuna turut dihadiri Camat Pulau Tiga Barat, Kepala Desa, Babinsa, Petugas Kesehatan, Petugas Lapangan Keluarga Berencana serta masyarakat. (Manalu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.