Disdik Kepri Akan Buka Kantor Cabang Ditiga Daerah Terpencil

by -30 views
Kadisidik Kepri, M Dali. Foto Batampos
Kadisidik Kepri, M Dali. Foto Batampos
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Guna memudahkan dalam hal pelayanan pendidikan di sekolah sekolah, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri berencana akan membuka kantor cabang di Kabupaten Anambas, Natuna dan Lingga.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, M Dali mengatakan selama ini dalam pelayanan pendidikan di tiga daerah tersebut menghadapi kesulitan.

“Terutama dalam akses rentang kendala yang jauh. Sehingga selama ini banyak permasalahan yang timbul, terkadang lambat diselesaikan,” papar M Dali, Selasa (7/5/2019).

Dia mengutarakan, kantor cabang Disdik ini sama seperti Unit Pelayanan Teknis (UPT). Sama halnya dengan dinas – dinas lain yang mendirikan UPT di kabupaten maupun di kota.

“Apabila kantor cabang Disdik ini berdiri, maka setidaknya segala bentuk permasalahan dan kendala yang berkaitan dengan pendidikan ditiga daerah terluar dan terpencil ini dapat segera diketahui,” ujarnya.

Masih kata dia, apabila cepat diketahui permasalahan di daerah terkait pendidikan bisa mengambil langkah antisipasi dengan cepat.

“Nantinya kepala kantor cabang Disdik ini yang bertanggungjawab,” ucapnya.

Rencana pembukaan kantor cabang ini, ditargetkannya akan dibuka pada 2019 ini. Untuk mematangkan rencana ini, masih dalam pembahasan diinternal Disdik Kepri.

“Rencana ini juga, sudah dilaporkan ke Gubernur. Gubernur mendukung penuh dan mengharapkan segera direalisasikan. Dan untuk langkah selanjutnya akan didirikan juga di Batam dan Karimun pada 2020,” katanya.

Untuk teknisnya, pihaknya akan mengangkat Kepala UPT dengan jabatan setara pejabat eselon III, yang nantinya bisa menyaring dan menyeleksi calon kepala sekolah untuk diajukan ditingkat daerah.

Namun untuk pengangkatan kepala sekolah tetap yang menentukan ada ditangan Gubernur dengan rekomendasi Kadisdik Kepri.

“Bukan hanya menjaring dan menyeleksi calon-calon kepela sekolah saja,” ucapnya.

Tetapi permasalahan yang timbul di daerah akan ditangani lebih awal oleh kepala kantor cabang ini dan tentunya melanjutkan ke Disdik Kepri dan akan tetap kantor cabang disdik ini dalam pengawasannya. (Red/ SB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.