Kedekatan TNI dan Rakyat, Tanpa Batas

by -85 views
Prajurit TNI saat mengerjakan pekerjaan pembangunan jalan semenisasi sepanjang 1 Km lewat program TMMD ke-107 di Kampung Tanjung Siambang, Dompak
Prajurit TNI saat mengerjakan pekerjaan pembangunan jalan semenisasi sepanjang 1 Km lewat program TMMD ke-107 di Kampung Tanjung Siambang, Dompak
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – TNI Angkatan Darat (AD) dari dulu sudah mencetuskan bahwa TNI adalah Kemanunggalan Rakyat lewat ABRI Masuk Desa (AMD).

Dan, sekarang sudah menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Bertahun tahun lamanya, TNI melalui Program TMMD ini yang dulunya AMD bertukus lumus dalam membangun desa bekerjasama dengan pemerintah tanpa pamrih.

TNI-POLRI dan Warga Berjibaku meratakan tanah yang akan dibangun jalan sepanjang 1 Km melalui TMMD ke-107
TNI-POLRI dan Warga Berjibaku meratakan tanah yang akan dibangun jalan sepanjang 1 Km melalui TMMD ke-107

Seperti halnya yang dilakukan pada tahun ini, Korem 033/WP melalui Kodim 0315/Bintan melaksanakan TMMD ke-107 di Kampung Tanjung Siambang Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari Kota Tanjungpinang.

Dari kegiatan ini lah, “Kedekatan TNI dan Rakyat Tanpa Batas”. Bekerja bersama tanpa lelah, walau pun panas terik Matahari menyengat kulit di balik pakaian Loreng Tentara kebanggaan TNI.

Hari ini, Jum’at (20/03/2020) TMMD sudah berjalan selama 4 hari ke depan. Pantauan awak media ini di lokasi kegiatan TMMD ke-107 siang menjelang sore hari, pembangunan jalan sepanjang 1 Km lebih itu terus dilaksanakan.

Tampak Tentara menggunakan pakaian Loreng bersepatu Boot terus bekerja membangun Gorong gorong, batu miring dan pembuatan mal jalan yang akan disemenisasi.

Alat berat meratakan jalan pun turut bekerja meratakan jalan. Lori pengangkut besi dan granit pembangunan jalan datang, Tentara pun membantu untuk membuka ikatan pengikat besi yang diperuntukkan untuk alas jalan agar kokoh.

Disela sela kesibukkan mengerjakan penyemenan jembatan di atas gorong gorong, tampak Pasiter Kodim 0315/Bintan Kapten Inf B Zebua dengan cekatan menempelkan semen ke batu yang disusun rapi di atas gorong gorong yang diperkirakan 90 persen pengerjaan.

Dengan entengnya, beliau yang tidak memikirkan jabatannya saat ini di Kodim 0315/Bintan, terus bekerja bersama-sama beberapa Prajurit berseragam Loreng.

Saat disapa metrokepri.com, Tentara yang berpangkat Kapten itu, membalas sapaan dengan senyum ramah lalu mendekati seraya berkata, “Selamat sore, ada yang bisa saya bantu,” ucapnya sopan sambil meninggalkan pekerjaannya untuk beberapa saat.

Sambil berjabat tangan, awak media ini pun mulai menuturkan maksud dan tujuan. Apa kabar Pasiter, Apakah pekerjaan yang dilakukan saat ini? Tanya awak metrokepri.com ini memulai perbincangan.

Dengan santai dan tanpa lelah, masih semangat, Ia pun menjawab, “Saat ini kita melaksanakan pekerjaan semenisasi di atas gorong gorong yang sudah selesai, mal jalan yang akan disemen sepanjang 155 meter dan pekerjaan gorong gorong.

Apa yang saya lihat dari mulai datang ke sini, saya menyimpulkan bahwa kedekatan TNI dan Rakyat itu ternyata tidak ada batas. Apa betul Pasiter?

Dengan tegas, Dia pun menjawab, “TNI itu berasal dari Rakyat, tidak bisa dipisahkan. Dari Rakyat, untuk Rakyat,” katanya dengan tegas dan penuh wibawa.

“Kedekatan Rakyat dan TNI itu sudah terjalin sejak dulu. Bahkan, TNI tanpa Rakyat tidak Kuat,” tambahnya menjelaskan.

Kedekatan Prajurit TNI dengan Rakyat di sela-sela TMMD ke-107
Kedekatan Prajurit TNI dengan Rakyat di sela-sela TMMD ke-107

Usai bincang bincang, awak media ini pun mohon pamit kepada Pasiter Kodim 0315/Bintan dan Ia pun kembali ke pekerjaan semula yang ia lakukan bersama prajurit TNI lainnya.

Sebelumnya, kedekatan antara TNI dan Rakyat ini dilihat oleh awak media ini sebelum bertemu dengan Pasiter Kodim 0315/Bintan. Tampak seorang Tentara berpangkat Kapten sedang santai bersama warga di ujung jalan yang akan dibangun semenisasi.

Keakraban itu seolah olah terjalin sudah bertahun tahun lamanya. Itulah TNI dan Rakyat.  (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.