Saksi Tidak Tahu Usaha Gas Terdakwa Pendek Ilegal

by -307 views
Terdakwa Pendek usai menjalani sidang di PN Tanjungpinang. Foto ALPIAN TANJUNG
Terdakwa Pendek usai menjalani sidang di PN Tanjungpinang. Foto ALPIAN TANJUNG

Tanjungpinang, (MK) – Mantan karyawan PT Indo Gas, Amrizal (34) yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) Zaldi Akri SH sebagai saksi dalam sidang dugaan kasus penyulingan gas bersubsidi ukuran 3 Kg ke 12 Kg atas terdakwa Foan Tjoan alias Pendek, mengaku tidak mengetahui jika usaha bosnya itu ilegal.

“Saya baru mengetahui usaha terdakwa itu illegal, setelah gudang digerebek Polisi,” ucap saksi Amrizal dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Rabu (6/1).

Dalam sidang yang dipimpin Hakim Jupriyadi SH itu juga, saksi mengatakan, selama bekerja dengan terdakwa Pendek dirinya diberi tugas untuk memindahkan isi tabung gas ukuran 3 Kg ke tabung gas ukuran 12 Kg.

“Satu tabung gas ukuran 12 Kg itu berisikan empat tabung gas subsidi ukuran 3 Kg,” katanya.

Saksi juga mengaku, dalam satu minggu terdapat sekitar delapan hingga 10 tabung gas ukuran 12 Kg hasil penyulingan itu terjual ke pasaran. Tabung gas ukuran 3 Kg itu juga sekali pesan bisa mencapai 50 tabung gas.

“Namun jika tidak ada kerjaan, saya dan seorang rekan lainnya hanya duduk – duduk saja di dalam gudang,” paparnya.

Selain itu, majelis hakim juga mempertanyakan saksi terkait harga jual satu isi tabung gas ukuran 12 Kg itu sebesar Rp150 ribu. Sementara isi satu tabung gas ukuran 3 Kg dibeli Rp17 ribu, dan jika dikalikan empat tabung, sebesar Rp68 ribu.

“Artinya dari hasil usaha tersebut, terdakwa mengambil untung satu tabung gas 12 Kg sebesar Rp72 ribu ya,” ucap Ketua Majelis Hakim Jupriadi SH MH kepada saksi Amrizal.

Usai mendengar keterangan saksi dan tanggapan terdakwa, mejalis hakim menunda sidang dan akan kembali digelar pada pekan depan. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.