Tanjungpinang Timur Banyak Generasi Qori Dan Qoriah

by -248 views
Lis dan Syahrul saat resmikan MTQ Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur
Lis dan Syahrul saat resmikan MTQ Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur

Tanjungpinang, (MK) – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah – Syahrul menghadiri pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – 10 Kecamatan Tanjungpinang Timur di Perumahan Bukit Raya Jalan Ganet, Minggu (20/3) malam.

MTQ yang dibuka oleh Ketua LPTQ H. Syahrul, S.Pd ini juga turut dihadiri oleh Ketua TP – PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni SH, Ketua GOW, Juariah Syahrul, Anggota DPRD, camat, serta lurah terkait.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH mengucapkan apresiasi kepada seluruh jajaran Kecamatan Tanjungpinang Timur yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan begitu berkesan, karena dapat dinikmati langsung dan berada di kawasan masyarakat.

“Kecamatan Tanjungpinang Timur ini merupakan kecamatan yang banyak memiliki bibit unggul generasi qori dan qori’ah. Pada tahun sebelumnya Kecamatan Tanjungpinang Timur meraih juara umum,” ucap Lis.

Akan hal itu, kata Lis, semoga dapat membawa dan memunculkan qori – qori’ah terbaik yang bisa membawa Kota Tanjungpinang untuk lebih baik serta membawa Kota Tanjungpinang keajang MTQ provinsi kedepannya lebih meningkat.

“Dari juara tiga atau minimal dapat dipertahankan. Pemerintah komitmen untuk menjadikan Kota Tanjungpinang berakhlakulkhorimah sesuai dengan visi dan misi saya dengan pak Syahrul,” katanya.

Dia mengutarakan, sehingga dapat melahirkan qori dan qori’ah serta masyarakat yang membaca Al – Quran dapat memahami dan juga dapat menerapkan nilai – nilai Al – Quran.

”Hal itu diterapkan melalui sekolah dengan wajibnya anak – anak memiliki sertifikat untuk melanjutkan sekolah,” paparnya.

Dia mengemukakan, zaman sekarang TPA dan TPQ sudah sangat banyak dan memiliki kualitas baik. Namun fungsi orang tua juga hal yang sangat penting, karena perkembangan zaman sekarang begitu bebasnya penggunaan internet dan semakin meningkatnya pelecehan seksual.

“Sehingga tidak dapat dipungkiri pengawasan dan bimbingan orang tua adalah paling utama dan tidak diserahkan saja ketempat pendidikan,” ucapnya.

Lis berharap, dengan pelaksanaan MTQ Tanjungpinang Timur dari tingkat kelurahan, dan kecamatan ini, semoga dapat melahirkan qori dan qoriah yang mampu bersaing di tingkat kota, provinsi hingga tingkat nasional.

“Bagi kita semua, dapat menjadi MTQ sebagai momentum introfeksi diri untuk lebih memahami dan melaksanakan nilai – nilai isi Al – Quran sebagai pandangan arah untuk kehidupan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd mengatakan, Kecamatan Tanjungpinang Timur juara umum pada MTQ tahun lalu.

“Semoga dapat mempertahankan dan memunculkan qori dan qori’ah terbaik. Karena tahun sekarang semua kecamatan memiliki daya saing yang cukup berat,” ucapnya.

Syahrul juga berpesan kepada dewan hakim untuk memilih yang terbaik dari yang baik – baik untuk ditampilkan pada MTQ tingkat kota maupun provinsi.

“Kepada qori dan qoriah, selamat bertanding. Tampilkan yang terbaik dalam ajang MTQ ini,” katanya.

Sebelumnya, Camat Tanjungpinang Timur, Arlius mengatakan, pelaksanaan MTQ ini dilakukan di tengah – tengah pemukiman penduduk.

“Semoga dapat bermanfaat sebagai sarana dakwah Qurani dan memotivasi masyarakat untuk memahami kandungan isi Al –Qur’an, sehingga dapat menciptakan generasi yang Qur’ani dan berakhlak mulia di Kota Tanjungpinang, khususnya Tanjungpinang Timur,” ujarnya.

Dia mengutarakan, MTQ tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur diikuti kafilah dari Air Raja, Kampung Bulang, Kota Piring dan Pinang Kencana serta akan mengikuti cabang lomba Tilawah Al – Qur’an, Tartil Qur’an tingkat anak – anak, remaja dan dewasa.

“Kepada dewan hakim, agar melaksanakan tugasnya dengan jujur, adil dan professional,” ucapnya.

Acara juga dimeriahkan dengan pelaksanaan bazar dari tim penggerak PKK kelurahan dan masyarakat juga dapat mempromosikan hasil – hasil rumah tangga untuk dijual di bazaar tersebut. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.