Bawaslu Kepri Akan Awasi PNS Pada Aktivitas Pilkada

by -195 views

Tanjungpinang, (MK) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri akan mengawasi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS pada aktivitas partai politik di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 mendatang.

“Apabila ada laporan dugaan oknum ASN atau PNS yang terlibat dalam aktivitas partai politik pada Pilkada ini, maka akan ditindak sesuai UU yang berlaku,” kata Devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kepri, Indrawan, Selasa (28/7).

Ia menegaskan, hal ini mengacu pada PP 53/ 2010 tetang disiplin PNS yang dilarang memberikan dukungan kepada calon kepala daerah atau wakil kepala daerah.

“Sejauh ini kami memang belum melihat bukti, namun sebagai evaluasi, Bawaslu Kepri akan mengeluarkan surat untuk mengingatkan tentang keberadaan ASN dan perangkat desa terkait dengan kegiatan kampanye,” ujarnya.

Surat itu, kata dia, akan dibuat sebelum penetapan masa kampanye pada 24 Agustus 2015 mendatang dan ditembuskan ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB). Karena hal ini mengacu pada Surat Edaran Menteri PANRB nomor B/ 2355 M. PANRB/ 2015 07/ 2015 yang dikeluarkan pada 22 Juli 2015 tentang netralitas ASN dan larangan penggunaan aset pemerintah dalam pemilihan kepala daerah serentak.

Bahkan dalam surat tersebut ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, para Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), para Sekjen Lembaga Negara, para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Non Struktural, para Gubernur, Bupati, dan Walikota. Sesuai dengan UU No. 5/ 2014 tentang ASN, PNS yang menjadi anggota atau pengurus partai politik akan dijatuhi hukuman berupa diberhentikan dengan tidak hormat.

“Apabila masih ada ASN atau PNS terlibat dalam aktivitas kampanye atau melakukan hal – hal yang tidak sepatutnya dilakukan setelah dikeluarkannya surat tersebut, maka proses sanksi berlanjut,” katanya. (AFRIZAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.