DPRD Natuna Terima Kunjungan Kanwil Kemenkumham Kepri

by -19 views
Kakanwil Kemenkumham Kepri, Husni Thamrin saat dikonfirmasi sejumlah awak media
Kakanwil Kemenkumham Kepri, Husni Thamrin saat dikonfirmasi sejumlah awak media
Iklan Banner

Natuna, (MetroKepri) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Provinsi Kepulauan Riau mengadakan lawatan ke kantor DPRD Kabupaten Natuna, Rabu (06/04/2021).

Kunjungan ini disambut baik oleh Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar, Wakil Ketua I Daeng Ganda Rahmatullah, dan sejumlah anggota DPRD Natuna.

Usai melaksanakan pertemuan di ruang kerja Ketua DPRD Natuna, Kakanwil Kemenkumham Kepri, Husni Thamrin mengatakan pertemuan ini dalam rangka memohon dukungan untuk kinerja Kanwil Kumham Kepri.

Salah satunya kata Husni, menyampaikan permohonan harmonisasi 9 Peraturan Daerah yang telah dilakukan penelitian, sekaligus menyerahkan hasilnya kepada DPRD.

Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar saat menyambut Kunjungan Kanwil Kemenkumham Kepri
Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar saat menyambut Kunjungan Kanwil Kemenkumham Kepri

Tidak hanya itu, pihaknya juga memohon dukungan DPRD Natuna mengenai potensi daerah, Kekayaan Intelektual (KI), Hak cipta, agar terus disosialisasikan kepada masyarakat. Sejauh ini sudah 18 yang didaftarkan ke Kemekumham Kepri.

Dalam pertemuan dengan Wakil Rakyat Natuna tersebut, Husni juga meminta kepada DPRD dan Pemda Natuna, agar mengusulkan kembali pembangunan gedung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Untuk pembangunan Lapas di Natuna, Pemerintah Daerah telah menyiapkan lahan seluas 10 hektar. Bahkan sudah dihibahkan kepada Kemenkumham.

Sayangnya kata Husni, pembangunan Lapas di Natuna belum terealisasi sampai sekarang. Hal ini karena terkendala Covid-19, padahal sebelumnya sudah hampir memasuki proses lelang.

“Ini menjadi pekerjaan rumah saya. Maka dari itu saya meminta kepada DPRD dan Pemda Natuna agar kembali menyurati, sehingga nanti bisa kami teruskan ke Kemenkumham di Jakarta,” paparnya.

Ia berharap dengan adanya surat permohonan tersebut, nantinya apabila pandemi corona melandai atau hilang, Kemenkumham bisa memprioritaskannya.

Daeng Amhar saat mengantar rombongan Kanwil Kemenkumham Kepri
Daeng Amhar saat mengantar rombongan Kanwil Kemenkumham Kepri

Selanjutnya hal-hal lain yang disampaikan dalam pertemuan yakni mengenai tugas tugas Kumham, terkait Notaris dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH), pihaknya menyediakan anggaran bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu.

“Berikutnya tentang Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum. Itu aplikasi yang harus kita tindak lanjuti kerjasama Kanwil dengan DPRD,” ujar Husni.

Masalah Imigrasi tak luput dari pembahasan, terutama mengenai tahan Kapal Ikan Asing (KIA) pencuri ikan di laut Natuna. Secara administrasi pihak Imigrasi siap membantu. Tinggal menyiapkan kapal untuk dideportasi ke negaranya.

“Kalau perkara administrasi Imigrasi siap, tapi masalah kapal kita tidak ada biaya untuk itu. Sampai disitu tadi pembahasan kita,” ucapnya.

Sementara, Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar mengaku menyambut baik kedatangan Kakanwil dan anggoranya ke gedung dewan.

Satu poin penting yakni mengenai rencana pembangunan Lapas Natuna. Pihaknya menekankan agar Lapas tersebut segera dibangun. (Manalu/Rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.