Dua Bulan, Penderita DBD di Tanjungpinang Meningkat

by -271 views
ilustrasi demam-berdarah
ilustrasi demam-berdarah

Tanjungpinang, (MK) – Musim hujan dengan intensitas rendah hingga tinggi sejak awal Januari 2016 yang melanda Kota Tanjungpinang membawa dampak beberapa penyakit di masyarakat.

Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang mencatat, selama dua bulan terakhir jumlah penderita penyakit demam berdarah mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan jumlah penderita yang tercatat pada tahun 2015 lalu.

“Sejak Januari 2016, penderita DBD tercatat sebanyak 83 orang dan hingga akhir Februari 2016 jumlah penderita sebanyak 64 orang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam Effendi, Rabu (2/3).

Selain itu, kata dia, jentik – jentik nyamuk sangat mudah berkembang di genangan air. Tetapi masyarakat memiliki kesadaran yang rendah.

“Seharusnya masyarakat lebih sering untuk membersihkan bak mandi, dan menghindari tempat – tempat yang dapat dijadikan genangan air apalagi musim hujan seperti ini,” katanya.

Kendati jumlah penderita DBD yang meningkat, Rustam mengaku, pihaknya sudah berupaya maksimal untuk mencegah penyebaran berbagai macam penyakit di Tanjungpinang tidak terkecuali DBD.

“Sosialialisasi selalu kita lakukan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat akan hidup sehat, namun hal itu akan sia – sia kalau tidak diimbangi dengan tindakan masyarakat dalam menjaga lingkunganya tetap bersih,” ucapnya.

Rustam juga menghimbau masyarakat untuk memperhatikan saluran air dilingkunganya agar tidak menjadi tempat berkembangnya jentik – jentik nyamuk.

“Mudah – mudahan jumlah korban penderita DBD tidak bertambah, itu sebabnya masyarakat mulai dari sekarang harus semakin peduli terhadap kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masing – masing,” katanya. (LIYANA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.