Jumaga: Beasiswa 1.500 Mahasiswa Berprestasi dari Pemprov Tersedia Tahun 2024

by -853 views
Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak
Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak

Advetorial, (MetroKepri) – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) menetapkan program beasiswa untuk 1.500 mahasiswa dan mahasiswi berprestasi dari keluarga kurang mampu pada tahun 2024.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak, mengungkapkan program beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di daerah tersebut. Ia juga mengimbau mahasiswa yang memenuhi persyaratan untuk memanfaatkan program tersebut.

“Program lanjutan itu untuk meringankan beban mahasiswa dan mahasiswi saat berkuliah. Kami ingin membantu dan berkontribusi melahirkan mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi,” ujar Jumaga, Senin (26/02/2024).

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Sirajudin Nur
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Sirajudin Nur

Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Sirajudin Nur, menyebutkan bahwa anggaran beasiswa ini bersumber dari APBD tahun 2024.

“Pihak eksekutif dan legislatif setuju anggaran beasiswa tahun 2024 untuk 1.500 orang mencapai Rp4,5 miliar,” ucapnya.

Sirajudin Nur, menjelaskan persyaratan dan cara mendapatkan beasiswa akan diumumkan mulai Maret 2024.

“Ada syarat umum dan ada syarat khusus, misalnya mahasiswa dan mahasiswi yang sudah semester 2 – 7 yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut,” katanya.

Selain bantuan beasiswa untuk mahasiswa dan mahasiswi, pemerintah daerah Kepri juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp18 miliar untuk membantu siswa SMA/SMK dan SLB. Bantuan tersebut meliputi beasiswa, program transportasi laut, dan transportasi darat.

“Program beasiswa dialokasikan sebesar Rp5 miliar untuk 2.000 siswa peserta didik tidak mampu di SMA swasta, Rp3,1 miliar untuk bantuan subsidi SPP siswa tidak mampu bagi 5.220 siswa SMA negeri di Kepri,” jelasnya.

Pemprov Kepri juga menganggarkan Rp375 juta untuk 50 siswa berprestasi.

“Subsidi transportasi laut siswa sebesar Rp5,1 miliar bagi 1.725 siswa, Rp5,3 miliar untuk program transportasi darat siswa yang diperuntukkan bagi 9.800 siswa,” tambahnya. (Red)

Editor: Ian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.